Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (65)

Ringkasan Shahih Bukhari

3. Kitab 'Ilmu

32. Bab: Mengajarkan 'Ilmu kepada Hamba Sahaya dan Keluarganya

65. Dari Abu Musa (ra-dhiyallaahu 'anhu), ia berkata, "Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, 'Ada tiga golongan yang mendapat dua pahala sekaligus, yaitu:
1. Ahli Kitab (yahudi dan nashrani) yang percaya kepada Nabinya dan percaya kepada Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.
2. Hamba sahaya, apabila ia memenuhi kewajibannya kepada Allah dan kewajiban kepada majikannya. (Dalam riwayat lain: Hamba sahaya yang membaguskan 'ibadah kepada Tuhannya, memenuhi kewajiban kepada majikannya yang berhak terhadap kebenaran, nasihat, dan ketaatannya 3/124).
3. Laki-laki yang mempunyai hamba sahaya perempuan, lalu dia mendidiknya sopan santun dan menyempurnakan didikannya tersebut, mengajarinya 'ilmu agama dan menyempurnakan pengajaran tersebut. (Dalam riwayat lain: mencukupi kebutuhan nafkahnya dan bersikap baik terhadapnya 3/123), kemudian memerdekakannya [31.(69) lalu memberinya sedekah 6/121] dan menikahinya, maka ia akan mendapat dua pahala.'" Kemudian Amir (70) berkata, "Kami memberikannya kepadamu tanpa ganti apapun!" Sehingga pada akhirnya terkadang ia berkendaraan ke Madinah tanpanya.

===

(69) Ini tambahan yang dianggap mu'allaq oleh pengarang. Ahmad dan lainnya telah menyebutkannya secara maushul. Ini adalah tambahan yang ganjil tapi tidak demikian menurut aku. Demikian telah aku jelaskan dalam kitab adh-Dha'ifah 3364.

(70) Aku katakan, "Ia adalah asy-Sya'bi, yang meriwayatkan hadits ini dari Abu Burdah, dari ayahnya, yakni bahwa Abu Musa al-Asy'ari mengatakannya kepada perawi darinya: Shalih bin Hayyan.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog