Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (53)

Ringkasan Shahih Bukhari

13. Bab: Orang yang Menyediakan Hari-hari Tertentu untuk Bersama 'Ulama

53. Dari Abu Wa'il, dia berkata: 'Abdullah mengajar orang-orang setiap hari Kamis, kemudian seorang laki-laki berkata kepadanya: "Hai Abu 'Abdurrahman, aku harap engkau dapat mengajar kami setiap hari." 'Abdullah menjawab, "Sebenarnya yang mencegahku begitu adalah karena aku tidak mau membuat kalian merasa bosan, karena itu aku memperhatikan waktu untuk memberikan pengajaran kepada kalian, sebagaimana juga Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam (dalam riwayat lain darinya, bahwa ia berkata, "Kami sedang menanti 'Abdullah dan tiba-tiba Yazid bin Mu'awiyah (57) datang, lalu kami berkata, 'Maukah engkau duduk?' Ia pun menjawab, 'Tidak, aku hanya akan masuk lalu mengeluarkan kawan kalian kepada kalian. Jika ia tidak keluar maka aku akan masuk lalu duduk.' Lalu muncullah 'Abdullah sambil memegangi tangan Yazid, ia pun berdiri di hadapan kami dan berkata, 'Sebenarnya aku telah diberitahu tentang tempat kalian, tapi yang mencegahku untuk menemui kalian adalah bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam 7/169) memperhatikan kami dalam memberi nasihat [dalam hari-hari] karena khawatir (dalam riwayat lain: karena tidak suka) bila hal itu akan menyebabkan kebosanan pada diri kami."

===

(57) Ialah an-Nakha'i, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Muslim.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog