Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (54)

Ringkasan Shahih Bukhari

14. Bab: Jika Allah Menghendaki Kebaikan pada Seseorang, maka Dia akan Memahamkannya (dalan urusan agama)

54. Humaid bin 'Abdurrahman berkata: Aku mendengar Mu'awiyah dalam khutbahnya berkata, "Aku mendengar Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, 'Barangsiapa yang Allah menghendaki padanya kebaikan, maka Dia akan memberinya pemahaman dalam urusan agama. Aku hanya membagi-bagikan {menyampaikan}, sedangkan yang memberi {pemahaman} adalah Allah. Dan senantiasa [dari 4/187] ummat ini [ada suatu ummat yang] akan tetap berpegang teguh dalam perintah Allah, mereka tidak dapat digoyahkan [oleh yang menghinakan mereka (dalam riwayat lain: oleh yang mendustakan mereka 8/189) dan tidak pula] oleh yang menyalahi mereka. (Dalam riwayat lain: Urusan ummat ini akan tetap lurus hingga datangnya Kiamat atau 8/149) sampai datang [kepada mereka] ketetapan Allah [mereka masih tetap seperti itu."

Malik bin Tukhamir berkata, 'Mu'adz berkata, "Mereka berada di Syam." Lalu Mu'awiyah berkata, "Malik menyatakan bahwa ia mendengar Mu'adz berkata, "Mereka di Syam."]

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog