Skip to main content

Jenis-jenis takbir

Bab II

Takbir pada dua hari raya dan sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah

Pembahasan kedua

Jenis-jenis takbir

Takbir terdiri dari dua jenis, takbir muthlaq (bebas) dan takbir muqoyyad (terikat). Takbir muthlaq menurut pendapat yang rojih, disyari'atkan pada dua malam hari raya sampai selesai khutbah, demikian juga disyari'atkan di sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah.

Sedangkan takbir muqoyyad disyari'atkan (untuk dilakukan) setelah sholat fardhu, dari fajar (shubuh) hari 'Arofah sampai 'ashor hari terakhir Tasyriq, sebagaimana akan dirinci pada pembahasan setelah ini.

Imam Ibnu Qudamah rohimahuLLOOH mengatakan dalam kitabnya al-Mughni, "al-Qodhi rohimahuLLOOH berkata, 'Takbir pada hari raya kurban ('idul Adh-ha) ada yang muthlaq dan ada yang muqoyyad. Takbir muqoyyad dilakukan setelah sholat dan takbir muthlaq dilakukan di setiap keadaan, di pasar-pasar dan di setiap waktu. Sedangkan hari raya Fithri ('idul Fithri) hanya disunnahkan yang muthlaq saja." (6)

===

(6) Kitab al-Mughni 3/256.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog