Skip to main content

Tidak memakan beberapa butir kurma sebelum berangkat sholat pada hari 'idul Fithri

Bab I

Kesalahan-kesalahan seputar dua hari raya

3. Tidak memakan beberapa butir kurma sebelum berangkat sholat pada hari 'idul Fithri

Di antara orang-orang ada yang berangkat ke musholla (lapangan tempat pelaksanaan sholat) pada hari 'idul Fithri sebelum memakan sesuatu. Ini adalah suatu kekeliruan, bahkan ia disunnahkan untuk memakan beberapa butir kurma, sebelum berangkat ke musholla (lapangan tempat pelaksanaan sholat).

Imam al-Bukhori telah meriwayatkan dari Anas rodhiyaLLOOHU 'anhu, ia berkata:

"Pada hari 'idul Fithri, tidaklah Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berangkat, melainkan setelah Beliau makan beberapa butir kurma." (3)

Dalam satu riwayat disebutkan, "Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memakannya dalam jumlah ganjil." (4)

Imam at-Tirmidzi rohimahuLLOOH berkata, "Beberapa orang dari ahli 'ilmu menganjurkan agar tidak keluar (berangkat sholat) pada hari 'idul Fithri, sehingga memakan sesuatu dan menganjurkan agar makan pagi dengan tamr (kurma matang)."

Imam Ibnu Qudamah rohimahuLLOOH berkata, "Kami tidak mengetahui adanya ikhtilaf (perbedaan pendapat) dalam anjuran sarapan pagi pada hari 'idul Fithri."

===

(3) Shohih. Hadits Riwayat Imam al-Bukhori nomor 953.

(4) Shohih. Ini adalah redaksi hadits yang dimu'allaqkan (diriwayatkan tanpa sanad) oleh Imam al-Bukhori dengan shighoh jazm. Dan dimaushulkan (disambung sanadnya) oleh Imam Ibnu Khuzaimah dan Imam Ahmad, dengan sanad yang hasan, dengan redaksi: "Beliau memakannya dalam jumlah ganjil."

===

Maroji':
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Syaikh Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam Berhari Raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog