Skip to main content

Keutamaan puasa: Puasa dan al-Qur-an akan memberikan syafa'at bagi orang yang menjalankannya

Keutamaan puasa

6. Puasa dan al-Qur-an akan memberikan syafa'at bagi orang yang menjalankannya

Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda:
"Puasa dan al-Qur-an itu akan memberi syafa'at kepada seorang hamba pada hari Kiamat kelak. Dimana puasa akan berkata, 'Wahai ROBB-ku, aku telah menahannya dari makanan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafa'at kepadanya.' Sedangkan al-Qur-an berkata, 'Aku telah melarangnya dari tidur di malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafa'at kepadanya.' Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Maka keduanya pun memberikan syafa'at'." (13)

===

(13) Diriwayatkan oleh Imam Ahmad 6626, Imam al-Hakim 1/554, Imam Abu Nu'aim 8/161, dari beberapa jalan dari Huyay bin 'Abdillah, dari 'Abdurrohman al-Hubuli, dari 'Abdulloh bin 'Umar rodhiyaLLOOHU 'anhuma. Sanad hadits ini hasan. Di dalam bukunya, Majma'uz Zawaa-id 3/181, setelah menambahkan penisbatannya pada Imam ath-Thobroni di dalam kitab al-Kabiir, Imam al-Haitsami mengatakan: "Rijal hadits ini adalah rijal shohih."

Kesimpulan:
Hadits ini dan yang semisalnya termasuk hadits-hadits yang berkenaan dengan tajsiidul a'maal, yang harus diimani dengan sebenar-benarnya tanpa ada penyimpangan dan penakwilan, karena ia merupakan jalan kaum Salafush Sholih. Dan tidak diragukan lagi, ia lebih selamat, lebih tahu, dan lebih bijak. Aku peringatkan kepadamu bahwa ia merupakan salah satu syarat iman yang paling penting. ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman:

"Yaitu mereka yang beriman kepada yang ghoib, yang mendirikan sholat, dan menafkahkan sebagian rizqi yang KAMI anugerahkan kepada mereka."
(Qur-an Suroh al-Baqoroh: ayat 3)

===

Maroji':
Kitab: Shifatu Shoumin Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam fii Romadhoon, Penulis: Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, 1412 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Meneladani Shoum Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan II, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog