Skip to main content

Keutamaan puasa: Pahala tanpa hitungan, Dua kegembiraan, dan Bau mulut yang harum di sisi ALLOH

Keutamaan puasa

3. Orang yang berpuasa akan diberi pahala tanpa hitungan.

4. Orang yang berpuasa itu mempunyai dua kegembiraan.

5. Bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di hadapan ALLOH daripada wangi minyak kesturi. (8)

Dari Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu, dia bercerita, Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda:

"Setiap 'amal anak Adam adalah untuk dirinya sendiri kecuali puasa (9), dimana puasa itu adalah untuk-KU dan AKU akan memberikan pahala atasnya. Dan puasa itu adalah perisai. Dan jika pada waktu berpuasa itu seseorang di antara kalian tidak melakukan rafats (hubungan badan atau bicara keji) dan tidak juga membuat kegaduhan. Dan jika ada orang yang mencacinya atau menyerangnya maka hendaklah dia mengatakan, 'Sesungguhnya aku tengah berpuasa.' (10) Demi ROBB yang jiwa Muhammad berada di tangan-NYA, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi ALLOH daripada wangi minyak kesturi (11). Bagi orang yang berpuasa itu ada dua kegembiraan: Jika berbuka, dia sangat bergembira dan jika berjumpa dengan ROBB-nya dia juga bergembira dengan puasanya." (12)

Dan dalam riwayat Imam al-Bukhori disebutkan:

"Dia meninggalkan makanan, minuman dan nafsu syahwatnya demi diri-KU. Puasa itu untuk-KU dan AKU akan membalasnya. Dan kebaikan itu sepuluh kali dilipatkannya."

Sedangkan di dalam riwayat Imam Muslim disebutkan:

"Setiap 'amal anak Adam akan dibalas berlipat ganda. Kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya sampai tujuh ratus kali lipat. ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman, 'Kecuali puasa, dimana puasa itu untuk diri-KU dan AKU akan membalasnya. Dia meninggalkan nafsu syahwat dan makanan demi diri-KU. Dan orang yang berpuasa itu mempunyai dua kegembiraan: Kegembiraan saat berbuka dan kegembiraan saat berjumpa dengan ROBB-nya. Dan sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi ALLOH daripada wangi minyak kesturi."

===

(8) Untuk poin 3, 4, dan 5 tercakup dalam hadits di atas.

(9) Maksudnya, mendapatkan pahala yang terbatas kecuali puasa, dimana pahalanya tanpa hitungan, sebagaimana yang akan diuraikan lebih lanjut.

(10) Hendaklah ungkapan tersebut disampaikan dengan suara lantang agar pencaci dan penyerang berhati-hati, dan ada juga yang mengatakan, "Hendaklah hal itu dikatakan di dalam diri sendiri agar dia bisa menahan diri untuk tidak melontarkan cacian dan serangan juga", tetapi pendapat yang pertama lebih rojih dan jelas, karena ungkapan yang mutlak tidak mungkin ada kecuali dengan lisan. Sedangkan ungkapan yang ada di dalam hati maka ia pasti akan sangat terbatas, misalnya saja sabda Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu dari Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam: "Sesungguhnya ALLOH memberikan ampunan kepada ummatku atas apa yang terdetik di dalam jiwanya selama dia belum sempat mengucapkan atau mengerjakannya." (Muttafaq 'alaih). Dengan demikian, tampak jelas bahwa ungkapan yang mutlak itu tidak mungkin ada kecuali pada pembicaraan yang terdengar, berupa suara dan kata-kata. WALLOOHU a'lam.

(11) Silahkan dirujuk sendiri buku yang ditulis oleh al-'Allamah Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah, yang berjudul: al-Waabilush Shoyyib minal Kalimith Thoyyib halaman 32-38.

(12) Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori 4/88, Imam Muslim 1151. Dan lafazh di atas milik Imam al-Bukhori.

===

Maroji':
Kitab: Shifatu Shoumin Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam fii Romadhoon, Penulis: Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, 1412 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Meneladani Shoum Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan II, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog