Skip to main content

Disunnahkannya Sholat Tarowih Berjama'ah: Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga menegakkannya (4)

Fasal I

Pendahuluan, Tentang Disunnahkannya Sholat Tarowih Berjama'ah

(b) Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga menegakkannya

Yang keempat: Dari Hudzaifah bin al-Yaman, bahwa dia menuturkan:

"Suatu malam di bulan Romadhon, Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam sholat di sebuah kamar yang berlantaikan pelepah kurma. Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam lalu mengguyur lantai tersebut dengan seember air. Kemudian Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berdo'a (di awal sholat):


"ALLOOHU Akbar, ALLOOHU Akbar, ALLOOHU Akbar, Dzal Malakuut, wal jabaruut, wal kibriya', wal 'azhomah.

Kemudian Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam membaca (seusai al-Fatihah -pent) suroh al-Baqoroh. Lalu Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ruku', dan panjang ruku'nya itu seperti kala Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berdiri. Di dalam ruku'nya Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam membaca: "Sub-haana ROBBIYAL 'Azhiim, Sub-haana ROBBIYAL 'Azhiim [sepanjang kala Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berdiri], kemudian Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengangkat kepalanya (setelah ruku') lalu berdiri yang lamanya sama seperti di waktu Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ruku' dan Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengucapkan: Lirobbiyal hamdu. Kemudian langsung sujud. Dan sujud Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam itu sama panjangnya dengan kala Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berdiri (yakni berdiri sesudah ruku'). Pada waktu sujud Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam membaca: "Sub-haana ROBBIYAL a'la". Setelah itu Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengangkat kepalanya dari sujud, lalu duduk. Pada waktu duduk di antara dua sujud itu Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam membaca: "ROBBIGHFIR lii, ROBBIGHFIR lii". Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam duduk sama panjangnya dengan ketika Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam sujud. Kemudian Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam kembali sujud, dan membaca: "Sub-haana ROBBIYAL a'la", juga sama panjangnya dengan kala Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berdiri. Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam melakukan sholat itu empat roka'at. Dalam sholat itu Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam membaca al-Baqoroh, Ali 'Imron, an-Nisaa', al-Maa-idah, dan al-An'am sehingga datang Bilal untuk mengumandangkan adzan. (7)

===

(7) [Yang dimaksud adalah adzan sholat shubuh. Hadits itu diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Syaibah 2/90/2, Imam Ibnu Nashr halaman 89-90, Imam an-Nasa-i 1/246, dan Imam Ahmad 5/400, dari jalan Tholhah bin Yazid al-Anshori, dari Hudzaifah rodhiyaLLOOHU 'anhu. Masing-masing jalan saling melengkapi. Imam at-Tirmidzi juga meriwayatkan darinya 1/303, Imam Ibnu Majah 1/290, dan Imam al-Hakim 1/271, yakni bacaan antara dua sujud, dan disetujui oleh Imam adz-Dzahabi. Para perowinya terpercaya, akan tetapu Imam an-Nasa-i memandang hadits ini memiliki cacat tersembunyi. Dia menyatakan: Hadits itu mursal, dan Tholhah bin Yazid sepanjang yang aku ketahui ia tak pernah mendengar hadits dari Hudzaifah. Aku katakan: "Riwayat itu disambungkan oleh Amru bin Murroh dari Abu Hamzah -yakni Tholhah bin Yazid-, seorang lelaki dari kota Abas. Syu'bah beranggapan bahwa ia (lelaki itu) adalah Shilah bin Zufar, dari Hudzaifah." Dikeluarkan juga oleh Imam Abu Dawud 1/139-140, Imam an-Nasa-i 1/172, Imam ath-Thohawi dalam kitab Musykilul Atsar 1/308, Imam ath-Thoyalisi 1/115, Imam al-Baihaqi 2/121-122, Imam Ahmad 5/398, dan Imam al-Baghowi dalam hadits Amr bin al-Ja'ad 1/4/2, dari Syu'bah bin Amru, dan derajat sanadnya shohih. Diriwayatkan juga oleh Imam Muslim 2/186, dari jalur al-Mustaurid bin al-Ahnaf, dari Shilah bin Zufar, dengan lafazh yang mirip namun ada penambahan dan pengurangan, bahkan terkadang sebagiannya tidak sama]

===

Maroji':
Kitab: Sholatut Tarowih, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani, Judul terjemahan: Sholat Tarowih, Penerjemah: Abu Umar Basyir al-Maidani, Penerbit: at-Tibyan - Solo, Cetakan IV, 2000 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog