Skip to main content

Keutamaan bulan Romadhon: Bulan al-Qur-an

Kedua

Keutamaan bulan Romadhon

Romadhon merupakan bulan penuh kebaikan dan barokah yang dilimpahkan oleh ALLOH disertai dengan berbagai keutamaan yang sangat banyak. Dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Bulan al-Qur-an

ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala telah menurunkan Kitab-NYA yang mulia sebagai petunjuk bagi ummat manusia sekaligus sebagai penyembuh bagi orang-orang yang beriman, yang memberikan petunjuk kepada jalan yang sangat lurus, juga memperjelas jalan kebajikan, pada malam Lailatul Qodar di bulan Romadhon yang penuh kebaikan. ALLOH, pemilik 'Arsy yang mulia berfirman:

"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Romadhon, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur-an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah dia berpuasa."
(Qur-an Suroh al-Baqoroh: ayat 185)

Ketahuilah, wahai saudaraku, mudah-mudahan ALLOH memberikan barokah kepadamu, bahwa penyifatan bulan Romadhon sebagai bulan yang di dalamnya diturunkan al-Qur-an dan penggunaan huruf fa' (maka) setelahnya yang berfungsi sebagai ta'lil dan sababiyah:

"Maka bila salah seorang dari kamu menyaksikan bulan itu, maka wajiblah berpuasa," melalui isyarat, ia berfungsi sebagai 'illat (alasan), bahwa sebab dipilihnya Romadhon sebagai bulan puasa adalah diturunkannya al-Qur-an di bulan tersebut.

===

Maroji':
Kitab: Shifatu Shoumin Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam fii Romadhoon, Penulis: Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, 1412 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Meneladani Shoum Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan II, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog