Skip to main content

Perkara-perkara yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang (3)

Di antaranya lagi apa yang terjadi atas orang yang shiyam yakni mengakhirkan mandi janabah sampai terbit matahari. Juga apa yang menimpa kepada sebagian wanita yakni mengakhirkan mandi setelah haidh atau nifas sampai terbit fajar padahal wanita tersebut telah suci sebelum terbit fajar. Maka sesungguhnya wajib atasnya untuk tetap shiyam. Dan tidak mengapa jika mengakhirkan mandi janabah sampai setelah terbit fajar. Akan tetapi tidak diperbolehkan atasnya untuk mengakhirkan mandi janabah sampai setelah terbitnya matahari. Bahkan wajib atasnya untuk segera mandi dan sholat shubuh sebelum terbit matahari.

Demikian pula orang yang junub tidak boleh atasnya untuk mengakhirkan mandi wajib sampai setelah terbit matahari. Bahkan wajib atasnya untuk mandi wajib dan sholat shubuh sebelum terbit matahari. Juga wajib atas orang laki-laki untuk bersegera melaksanakan semuanya tadi sehingga ia mendapatkan kesempatan melaksanakan sholat shubuh secara berjama'ah.

===

Maroji':
Kitab: Fatawa ash-Shiyaam Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Syaikh 'Abdulloh al-Jibriin, Penyusun: Muhammad al-Musnid, Judul terjemahan: Bekal di bulan Romadhon, Penerjemah: 'Ainun Najib Azhari Lc, Penerbit: at-Tibyan - Solo.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog