Skip to main content

Pergi ke musholla (tanah lapang untuk sholat) dan pulang darinya

Pembahasan kelima

Pergi ke musholla (tanah lapang untuk sholat) dan pulang darinya

Disunnahkan bertakbir untuk sholat 'id setelah melaksanakan sholat shubuh dan mendekat dari imam untuk mendapatkan pahala takbir, menunggu sholat dan dekat dari imam tanpa melangkahi bahu-bahu orang lain dan tidak mengganggu salah seorang dari mereka.

Juga disunnahkan berangkat dengan berjalan kaki, tenang dan santai. Demikian juga disunnahkan melewati jalan yang berlainan, berangkat melalui satu jalan dan pulang melalui jalan lain.

Imam Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH berkata dalam menjelaskan 'amalan Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam dalam sholat 'id dan berangkat menuju lapangan, "Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam keluar dengan berjalan kaki dan melalui jalan yang berbeda pada hari raya, sehingga Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam berangkat melalui satu jalan dan kembali melalui jalan lainnya. Ada yang mengatakan, hal ini dilakukan agar dapat memberi salam kepada orang yang tinggal di sepanjang dua jalan tersebut, dan ada yang mengatakan untuk mendapatkan barokah dua kelompok tersebut (dua kelompok orang yang berjalan di dua jalan tersebut). Juga ada yang mengatakan bahwa hal itu agar dapat memenuhi hajat orang yang membutuhkannya dari dua jalan tersebut dan ada yang mengatakan untuk menampakkan syi'ar Islam di seluruh jalur dan jalan, dan ada juga yang mengatakan untuk membuat marah kaum munafiq dengan melihat kemuliaan Islam dan kaum muslimin. Juga ada yang mengatakan bahwa hal itu untuk memperbanyak melihat tempat, karena satu langkah orang yang pergi ke masjid dan tanah lapang akan mengangkat derajat dan langkah lain akan menghapus dosa hingga ia kembali ke rumahnya, dan ada yang mengatakan bahwa hal itu karena hal-hal tersebut seluruhnya yang telah disebutkan di atas dan untuk hal selainnya dari hikmah yang tidak lepas dari perbuatan Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, pendapat terakhir inilah yang lebih benar." (14)

Imam Ibnul Qoyyim pun berkata, "Ibnu 'Umar rodhiyaLLOOHU 'anhuma -yang memiliki semangat sangat tinggi untuk mengikuti sunnah- tidak keluar sampai matahari terbit dan bertakbir mulai dari rumahnya sampai ke tanah lapang tempat sholat 'id." (15)

===

(14) Kitab Zaadul Ma'aad 1/449.

(15) Kitab Zaadul Ma'aad 1/442.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog