Skip to main content

Berangkat ke musholla (lapangan tempat pelaksanaan sholat) dengan berkendaraan tanpa adanya udzur

Bab I

Kesalahan-kesalahan seputar dua hari raya

6. Berangkat ke musholla (lapangan tempat pelaksanaan sholat) dengan berkendaraan tanpa adanya udzur

Di antara mereka ada yang berangkat ke musholla (lapangan tempat pelaksanaan sholat) 'id dengan berkendaraan (tanpa adanya udzur). Yang terbaik adalah hendaknya berangkat dengan berjalan kaki, kecuali apabila ada udzur, seperti jauhnya jarak dan semisalnya.

Imam at-Tirmidzi telah meriwayatkan yang dihasankan oleh Imam al-Albani, dari 'Ali bin Abi Tholib rodhiyaLLOOHU 'anhu, ia berkata:
"Termasuk sunnah, yaitu hendaknya engkau berangkat ke musholla (lapangan tempat pelaksanaan sholat) 'id dengan berjalan kaki dan hendaknya engkau memakan sesuatu sebelum engkau berangkat keluar (pada saat 'idul Fithri -pent)." (8)

Imam at-Tirmidzi rohimahuLLOOH berkata, "Hadits ini hasan dan di'amalkan menurut kebanyakn ahli 'ilmu. Mereka menganjurkan agar seseorang berangkat keluar ke musholla (lapangan tempat pelaksanaan sholat) dengan berjalan kaki dan agar memakan sesuatu sebelum berangkat keluar untuk sholat 'idul Fithri."

Imam at-Tirmidzi juga mengatakan, "Dan dianjurkan untuk tidak berkendaraan, kecuali dikarenakan udzur." (9)

===

(8) Hasan. Hadits Riwayat Imam Ibnu Majah nomor 1296, dan Imam at-Tirmidzi nomor 530, dihasankan olehnya dan Imam al-Albani.

(9) Kitab Sunan at-Tirmidzi, kitab al-Jumu'ah, bab Maa Jaa-a fil Masyi Yaumal 'iid.

===

Maroji':
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Syaikh Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam Berhari Raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog