Skip to main content

Berkumpulnya hari raya dan jum'at dalam satu hari

Pembahasan keenam

Berkumpulnya hari raya dan jum'at dalam satu hari

Jika hari raya dan jum'at berbarengan dalam satu hari, maka gugurlah kewajiban sholat jum'at bagi orang yang melaksanakan sholat 'id, namun imam hendaknya tetap mengerjakan sholat jum'at agar dapat dihadiri oleh orang yang ingin menghadirinya dan orang yang belum sholat 'id.

Menurut pendapat yang benar, tetap diwajibkan melaksanakan sholat zhuhur bagi orang yang tidak menghadiri sholat jum'at karena telah melaksanakan sholat 'id.

Namun yang utama dalam hal ini adalah melaksanakan sholat jum'at untuk mendapatkan keutamaannya dan mendapatkan pahala dua sholat tersebut (sholat 'id dan jum'at). WALLOOHU a'lam.

Imam Ibnul Qoyyim rohimahuLLOOH mengatakan, "Diperbolehkan bagi mereka jika 'id jatuh pada hari jum'at untuk mencukupkan sholat 'id dari menghadiri sholat jum'at." (16)

===

(16) Kitab Zaadul Ma'aad 1/448.

===

Maroji':
Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog