Skip to main content

Menambah lafazh takbir dengan lafazh yang tidak dicontohkan

Bab I

Kesalahan-kesalahan seputar dua hari raya

10. Menambah lafazh takbir dengan lafazh yang tidak dicontohkan

Redaksi yang benar (yang dicontohkan) untuk takbir adalah:

ALLOOHU Akbar, ALLOOHU Akbar, Laa ilaaHa illaLLOOHU waLLOOHU Akbar, ALLOOHU Akbaru waliLLAAHIL hamdu.

"ALLOH Maha Besar, ALLOH Maha Besar, tidak ada ilah yang berhak di'ibadahi dengan benar, kecuali ALLOH dan ALLOH Maha Besar, ALLOH Maha Besar dan segala puji bagi ALLOH." (20)

ALLOOHU Akbaru kabiiroo, ALLOOHU Akbaru kabiiro, ALLOOHU Akbaru wa ajallu, ALLOOHU Akbaru waliLLAAHIL hamdu.

"ALLOH Maha Besar, ALLOH Maha Besar, ALLOH Maha Besar dan Maha Agung, ALLOH Maha Besar dan segala puji bagi ALLOH." (21)

Adapun lafazh yang ditambahkan kepadanya oleh sebagian manusia, di antaranya:

ALLOOHU Akbar kabiiroo, walhamdu liLLAAHI katsiiroo, wa sub-haanaLLOOHI wa bihamdiHi bukrotan wa a-shiilaa, laa ilaaHa illaLLOOHU wahdaH, shodaqo wa'daH, wa na-shoro 'abdaH, wa a'azza jundaH, wa Hazamal ahzaaba wahdaH.

Laa ilaaHa illaLLOOHU wa laa na'budu illaa iyyaaH, mukhli-shiina laHud diina wa law kariHal kaafiruun.

ALLOOHUmma sholli 'alaa sayyinaa muhammad, wa 'alaa aali sayyinaa muhammad, wa 'alaa ash-haabi sayyinaa muhammad, wa 'alaa an-shoori sayyinaa muhammad, wa 'alaa asy-yaa'i sayyinaa muhammad, wa 'alaa azwaaji sayyinaa muhammad, wa 'alaa dzurriyyati sayyinaa muhammad, wa sallama tasliiman katsiiroo.

Semua lafazh tambahan yang panjang tersebut bukanlah berasal dari riwayat (hadits), baik yang marfu' maupun yang mauquf, sepanjang yang aku ketahui.

Yang terbaik adalah mencukupkan diri bacaan takbir itu hanya dengan riwayat yang berasal dari Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam dan para Shohabat yang suci saja.

Semua kebaikan itu ada dalam mengikuti generasi terdahulu

Dan semua keburukan itu ada dalam mengikuti generasi belakangan.

===

(20) Shohih mauquf. Hadits Riwayat Imam Ibnu Abi Syaibah 2/2 dan Imam al-Baihaqi 3/315, "Sanadnya shohih." Demikian yang dikatakan oleh Imam al-Albani dalam kitab al-Irwaa' 3/126. Al-Muhamili berkata, "Sanadnya shohih."

(21) Shohih mauquf. Al-Muhamili berkata, "Sanadnya shohih." Maka dua atsar (riwayat dari Shohabat) tersebut adalah shohih mauquf pada Ibnu 'Abbas rodhiyaLLOOHU 'anhu. Lihat kitab al-Irwaa' 3/126.

===

Maroji':
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Syaikh Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam Berhari Raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog