Skip to main content

Pankreas pabrik insulin yang cerdas (2)

Sel-sel di dalam pankreas yang cerdas bekerja untuk menemukan dan menyisihkan molekul-molekul gula dari jutaan molekul lain di dalam darah. Selain itu, sel-sel ini akan menghitung molekul gula untuk memutuskan apakah jumlahnya terlalu tinggi atau terlalu rendah. Yang lebih mengagumkan adalah sel-sel cerdas tanpa otak, mata, tangan dan terlalu kecil untuk dilihat mata ini, mengetahui kadar tepat molekul jenis gula di dalam cairan.

Jika hasil perhitungan disimpulkan bahwa gula di dalam darah lebih banyak daripada yang dibutuhkan, sel-sel pankreas memutuskan untuk menyimpan kelebihannya. Kemudian ada bantuan dari sel-sel lain yang jauh letaknya, yang bertugas menyimpan kelebihan gula.

Selama tiada perintah sebaliknya, sel-sel yang jauh ini tak akan menyimpan gula. Tetapi, sel-sel pankreas mengirimkan hormon ke sel-sel ini yang memerintahkan agar menyimpan gula. Rumus hormon yang disebut insulin ini telah dikodekan di dalam DNA sel-sel pankreas sejak saat terbentuknya. Enzim-enzim khusus di dalam sel-sel pankreas (protein-protein pekerja) membaca rumus ini dan membuat insulin berdasarkan rumus itu. Di dalam pembuatan ini, ratusan enzim melakukan beraneka fungsi.

Insulin dihasilkan dari bentuk proinsulin yang diproduksi dalam retikulum endoplasmik sel beta pankreas mencapai sel-sel tujuan lewat jaringan komunikasi yang terpercaya dan tercepat, yaitu aliran darah. Beraneka sel yang membaca perintah menyimpan gula yang tertulis di hormon insulin menaatinya tanpa syarat. Akibatnya, pintu-pintu yang membolehkan gula masuk ke dalam sel terbuka. Tetapi, pintu-pintu ini tak dibuka secara acak. Molekul-molekul tangki memisahkan molekul gula dari ratusan jenis molekul di dalam darah, molekul-molekul ini menangkap gula dan menguncinya di dalam dirinya.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 3 Cetakan 3/ Tahun 3/ 2012

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog