Skip to main content

Pankreas pabrik insulin yang cerdas (3)

Sel-sel selalu menaati perintah yang sampai padanya. Sel-sel tak salah mengerti perintah ini dan mencoba menangkap zat yang salah, atau menyimpan gula lebih banyak daripada yang diperlukan. Sel-sel bekerja dengan disiplin tinggi dan usaha keras.

Saat manusia meminum teh yang bergula terlalu banyak, sistem yang menakjubkan ini mulai bekerja dan menyimpan kelebihan gula di dalam tubuh. Jika sistem ini tidak berfungsi, kadar gula di dalam darah akan meningkat cepat dan akan menyebabkan manusia mengalami koma seketika.

Sistem yang hebat ini bahkan dapat bekerja dengan cara sebaliknya jika dibutuhkan. Bila kadar gula di dalam darah turun di bawah kadar wajar, sel-sel pankreas bekerja menghasilkan suatu hormon lain yang disebut glukagon. Glukagon mengirimkan perintah ke sel-sel yang menyimpan gula dan menyebabkan sel-sel ini melepaskan gula untuk dicampur dengan darah. Sel-sel yang menaati perintah ini melepaskan gula yang telah disimpannya.

Pekerjaan rumit yang dilakukan oleh sel-sel kecil ini bahkan ketepatannya melebihi apa yang dilakukan manusia dalam bekerja memperhitungkan insulin yang dibutuhkan tubuh dan menjaga kestabilan sistem metabolisme manusia. (TB/ berbagai sumber)

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 3 Cetakan 3/ Tahun 3/ 2012

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog