Skip to main content

Keutamaan bulan Romadhon: Lailatul Qodar

Kedua

Keutamaan bulan Romadhon

3. Lailatul Qodar

Kau tentu sudah mengetahui, wahai hamba yang beriman, bahwa ALLOH Jalla Jalaaluhu telah memilih bulan Romadhon, karena di dalam bulan ini al-Qur-an al-Karim diturunkan. Dan mungkin juga menggunakan hal tersebut dalam qiyas dengan cara yang beragam, di antaranya:

a. Hari yang paling mulia menurut ALLOH adalah hari di bulan Romadhon, yang padanya al-Qur-an diturunkan. Oleh karena itu, suatu keharusan untuk mengkhususkan bulan ini dengan 'amalan-'amalan tambahan. Mengenai hal tersebut, insya ALLOH akan diuraikan lebih lanjut dalam pembahasan tentang Lailatul Qodar.

b. Jika nikmat telah dilimpahkan kepada kaum muslimin, maka mereka pun berkewajiban untuk menambah 'amalan sebagai bentuk rasa syukur kepada ALLOH. Pengertian tersebut diperkuat oleh firman ALLOH setelah penyempurnaan nikmat bulan puasa:

"Dan supaya kamu menyempurnakan bilangan bulan itu dan supaya kamu membesarkan nama ALLOH, karena petunjuk-petunjuk yang telah DIA berikan kepadamu, dan supaya kamu bersyukur kepada-NYA."
(Qur-an Suroh al-Baqoroh: ayat 185)

Dan firman ALLOH Tabaaroka wa Ta'aala setelah mereka menyelesaikan nikmat 'ibadah hajji:

"Maka apabila kamu telah selesai menunaikan manasik hajjimu maka ingatlah kepada ALLOH seperti kamu mengingat-ingat nenek moyangmu atau lebih banyak lagi."
(Qur-an Suroh al-Baqoroh: ayat 200)

===

Maroji':
Kitab: Shifatu Shoumin Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam fii Romadhoon, Penulis: Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, 1412 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Meneladani Shoum Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan II, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog