Skip to main content

Pankreas pabrik insulin yang cerdas

Pankreas adalah organ yang menjadi bagian dari sistem pencernaan dengan fungsi utama yakni untuk menghasilkan enzim pencernaan serta beberapa hormon penting seperti insulin. Pankreas berasal dari bahasa Yunani yang berarti "Seluruhnya daging."

Pankreas adalah kelenjar yang terletak pada bagian belakang lambung dan berhubungan erat dengan duodenum (usus dua belas jari). Di dalamnya terdapat kumpulan sel yang berbentuk seperti pulau pada peta, oleh karenanya kumpulan sel ini disebut pulau-pulau Langerhans. Adapun nama Langerhans diambil dari nama sang penemu, Paul Langerhans. Setiap pulau berisikan sel beta yang berfungsi mengeluarkan hormon insulin dimana hormon tersebut memegang peranan penting dalam mempercepat masuknya glukosa ke sel otot rangka dan jaringan adiposa.

Tiap pankreas mengandung sekitar 100.000 pulau Langerhans dan tiap pulau berisi 100 sel B (beta). Di samping sel beta ada juga sel a (alfa) yang memproduksi glukagon yang bekerja sebaliknya dari insulin yaitu meningkatkan kadar glukosa darah. Juga ada sel delta yang mengeluarkan somatostatin (hormon penghambat pertumbuhan sel).

Pankreas menjadi pabrik perakitan insulin yang akan dilepaskan ke dalam sistem peredaran darah berdasarkan deteksi atas keberadaan zat glukosa, asam amino, asam lemak dan benda yang berbentuk gugus keton. Namun demikian, sel-sel Langerhans akan lebih peka untuk diproduksinya insulin ketika seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkandung zat glukosa di dalamnya.

Ketika manusia mengkonsumsi karbohidrat berbentuk glukosa, maka akan segera terjadi kerja ganda, yaitu diproduksinya hormon-hormon di saluran pencernaan untuk mencerna gula atau glukosa. Di sisi lain sistem persyarafan penghubung otak dengan lambung akan memberikan sinyal melalui syaraf penerima rangsangan yang disebut beta dua adrenergik agonis untuk segera dilepaskannya insulin dari pankreas.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 3 Cetakan 3/ Tahun 3/ 2012

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog