Skip to main content

Jumlah roka'at sholat tarowih (2)

Qiyam Romadhon (Sholat Tarowih)

Jumlah roka'at sholat tarowih

8- Ia boleh mengerjakannya kurang dari jumlah tersebut (sebelas roka'at). Hingga meskipun hanya mengerjakan satu roka'at witir saja. Dalilnya adalah dari perbuatan dan sabda Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam. Adapun perbuatan Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, 'Aisyah rodhiyaLLOOHU 'anhuma pernah ditanya tentang berapa roka'atkah Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengerjakan sholat witir? Ia menjawab:

"Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengerjakan sholat witir empat roka'at lalu ditambah tiga roka'at. Kadang kala enam roka'at lalu ditambah dengan tiga roka'at. (15) Kadang kala sepuluh roka'at lalu ditambah dengan tiga roka'at. Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam tidak pernah mengerjakan sholat witir kurang dari tujuh roka'at, dan tidak pernah melebihi tiga belas roka'at." (16)

Adapun sabda Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam adalah:

"Sholat witir itu haq! Apabila ingin, ia boleh mengerjakannya lima roka'at, boleh juga tiga roka'at, dan bahkan boleh juga satu roka'at." (17)

===

(15) Aku katakan: "Termasuk di antaranya dua roka'at sholat sunnat ba'diyah 'Isya dan dua roka'at ringan yang biasa dikerjakan Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam untuk membuka sholat malam. Demikian menurut pendapat yang dipilih oleh al-Hafizh Ibnu Hajar, silakan lihat kitab Sholat Tarowih halaman 19-20.

(16) Hadits Riwayat Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, dan lainnya, sanad hadits tersebut bagus, telah dinyatakan shohih oleh Imam al-Iroqi, takhrijnya telah aku cantumkan dalam kitab Sholat Tarowih halaman 98-99 dan kitab Shohih Abu Dawud nomor 1233.

(17) Hadits Riwayat Imam ath-Thohawi, Imam al-Hakim serta yang lainnya. Sanad hadits tersebut shohih sebagaimana dikatakan oleh beberapa imam ahli hadits. Ada sebuah riwayat penyerta baginya dengan menyebutkan tambahan yang mungkar, aku telah menjelaskannya dalam kitab Sholat Tarowih halaman 99-100.

===

Maroji':
Kitab: Qiyaamu Romadhoon, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani, Judul terjemahan: Qiyam Romadhon, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari dan Siti Khoiriyah, Penerbit: at-Tibyan - Solo, Cetakan I, 2001 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog