Skip to main content

Utusan Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus 'Amr bin Umayyah adh-Dhomri rodhiyaLLOOHU 'anhu kepada an-Najasyi, lalu an-Najasyi mengambil surat Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, membacanya, dan turun dari singgasananya, kemudian duduk di atas tanah. Ia pun masuk Islam, ketika Ja'far bin Abi Tholib rodhiyaLLOOHU 'anhu datang kepadanya, dan ke-Islamannya bagus." (92)

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus Dihyah bin Kholifah al-Kalbi rodhiyaLLOOHU 'anhu membawa surat kepada Hercules, Penguasa Romawi.

Mengutus 'Abdulloh bin Hudzafah as-Sahmi rodhiyaLLOOHU 'anhu kepada Kisro, Raja Persia.

Mengutus. Hathib bin Abi Balta'ah al-Lakhmi rodhiyaLLOOHU 'anhu ke Muqouqis, Raja Mesir dan Iskandaria, maka Raja menanggapi, "Bagus," dan hampir masuk Islam. Ia menghadiahkan kepada Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam Mariah al-Qibthiyyah dan saudarinya, Syirin (93), lalu Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam menyerahkan Syirin untuk Hassan bin Tsabit.

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus 'Amr bin al-'Ash rodhiyaLLOOHU 'anhu kepada dua raja 'Uman [Oman], lalu keduanya masuk Islam. Keduanya memberikan kekuasaan kepada 'Amr untuk mengurus shodaqoh (zakat) dan memberikan keputusan hukum di antara mereka. 'Amr tetap berada dengan mereka, hingga Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam wafat.

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus Salith bin 'Amr al-'Amiri ke Yamamah kepada Haudzah bin 'Ali al-Hanafi.

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus Syuja' bin Wahb al-Asadi kepada al-Harits bin Abi Syimr al-Ghossani, Raja Balqo' dari daerah Syam.

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus al-Muhajir bin Abi Umayyah al-Makhzumi kepada al-Harits al-Himyari.

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus al-'Ala' bin al-Hadhromi kepada al-Mundzir bin Sawa al-'Abdi, Raja Bahroin maka ia membenarkan dan masuk Islam.

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengutus Abu Musa dan Mu'adz bin Jabal ke berbagai wilayah Yaman sebagai da'i yang menyeru kepada Islam, lalu semua penduduk Yaman masuk Islam, baik raja maupun rakyatnya. (94)

===

(92) Imam Ibnul Qoyyim mengatakan dalam kitab Zaadul Ma'aad 1/120, "Sesungguhnya Ash-hamah an-Najasyi yang disholati Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, bukanlah an-Najasyi yang dikirimi surat oleh Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam. An-Najasyi yang kedua ini tidak diketahui ke-Islamannya, berbeda dengan yang pertama, karena ia meninggal sebagai muslim." Hal ini diperingatkan sebelumnya oleh Abu Muhammad bin Hazm dalam kitab Jawaami' as-Siiroh halaman 30. Dalam kitab Shohiih Muslim 774 terdapat dalil yang menunjukkan hal ini dari hadits Anas rodhiyaLLOOHU 'anhu secara mauquf.

(93) Bisa juga disebut Sirin, sebagaimana telah dijelaskan.

(94) Masih ada para utusan Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam lainnya, namun pengarang tidak menyebutkannya demi keringkasan. Semua raja tersebut masuk Islam dan begitu juga kaum mereka, kecuali Hercules, Muqouqis, Haudzah, Kisro, al-Haris bin Abi Syimr, dan an-Najasyi -dan an-Najasyi yang ini bukanlah an-Najasyi yang para Shohabat berhijroh kepadanya sebagaimana yang telah diterangkan. Lihat kitab Jawaami' as-Siiroh halaman 30.

===

Maroji':
Kitab: Tahdziibus Siroh an-Nabawiyyah, Penulis: Imam Yahya bin Syarof an-Nawawi, Penta'liq dan Pentakhrij: Abu 'Abdirrohman Kholid bin 'Abdirrohman bin Hamd asy-Syayi', Penerbit: Darush Shumay'i, Judul terjemah: Siroh Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam ringkas, mudah dan akurat, Penerjemah: Akhmad Syaikhu, Penerbit: Pustaka Ibnu 'Umar, Cetakan II, 1434 H/ 2013 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog