Skip to main content

Anjuran sholat tarowih berjama'ah atas kaum wanita

Qiyam Romadhon (Sholat Tarowih)

Anjuran sholat tarowih berjama'ah atas kaum wanita

6- Kaum wanita dianjurkan mengikuti sholat tarowih berjama'ah sebagaimana tersebut dalam hadits Abu Dzar rodhiyaLLOOHU 'anhu yang baru lalu. Bahkan dianjurkan agar mengangkat imam sholat tarowih khusus bagi mereka, selain imam untuk kaum pria. Telah dinukil secara shohih dari 'Umar rodhiyaLLOOHU 'anhu bahwa ketika ia mengumpulkan kaum muslimin untuk mengerjakan sholat tarowih berjama'ah, dia mengangkat Ubay bin Ka'ab rodhiyaLLOOHU 'anhu sebagai imam untuk kaum pria dan Sulaiman bin Abi Hatsmah rodhiyaLLOOHU 'anhu sebagai imam untuk kaum wanita. Diriwayatkan dari 'Arfajah ats-Tsaqofi, ia berkata:

"Dahulu 'Ali bin Abi Tholib rodhiyaLLOOHU 'anhu memerintahkan kaum muslimin untuk mengerjakan sholat tarowih secara berjama'ah. Dia mengangkat imam khusus bagi kaum pria dan bagi kaum wanita. Ketika itu aku ditunjuk sebagai imam bagi kaum wanita." (13)

Aku katakan: "Menururtku hal itu bisa dilakukan bila ruangan masjid tersebut benar, tujuannya agar kedua jama'ah sholat itu tidak saling mengganggu."

===

(13) Hadits ini dan hadits sebelumnya diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi 2/494. Sementara riwayat pertama dikeluarkan oleh Imam 'Abdurrozzaq dalam al-Mushonnaf 4/258/8722. Dan kedua riwayat itu telah dikeluarkan juga oleh Imam Ibnu Nashr dalam kitab Qiyamu Romadhon halaman 93. Kemudian ua mengangkat kedua riwayat tersebut sebagai dalil (halaman 95.

===

Maroji':
Kitab: Qiyaamu Romadhoon, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani, Judul terjemahan: Qiyam Romadhon, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari dan Siti Khoiriyah, Penerbit: at-Tibyan - Solo, Cetakan I, 2001 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog