Skip to main content

Keutamaan bulan Romadhon: Dibelenggunya syaithon dan ditutupnya pintu-pintu Neraka serta dibukanya pintu-pintu Surga

Kedua

Keutamaan bulan Romadhon

2. Dibelenggunya syaithon dan ditutupnya pintu-pintu Neraka serta dibukanya pintu-pintu Surga

Pada bulan yang penuh barokah ini, kejahatan di muka bumi menjadi sedikit, karena pada bulan itu, jin-jin jahat dibelenggu dengan rantai dan belenggu serta borgol, sehingga mereka tidak bisa melakukan pengrusakan terhadap ummat manusia sebagaimana mereka biasa melakukannya pada mereka di bulan-bulan lainnya, karena kaum muslimin tengah berkonsentrasi menjalankan puasa, yang merupakan pengekang nafsu syahwat. Dan juga sibuk membaca al-Qur-an serta berbagai macam 'ibadah yang dapat mendidik sekaligus menyucikan jiwa. ALLOH ROBBUL 'Izzati berfirman:

"Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelummu agar kamu bertaqwa."
(Qur-an Suroh al-Baqoroh: ayat 183)

Oleh karena itu, pintu-pintu Jahannam ditutup, sedang pintu-pintu Surga dibuka. Sebab, 'amal sholih pada saat itu cukup banyak, dan ucapan-ucapan yang baik pun melimpah.

Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda:

"Jika bulan Romadhon tiba maka pintu-pintu Surga (16) dibuka, sedangkan pintu-pintu Neraka ditutup, dan syaithon pun dibelenggu." (17)

Semuanya itu berlangsung dari permulaan malam bulan yang penuh barokah tersebut. Hal itu didasarkan pada sabda Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam:

"Apabila malam pertama bulan Romadhon tiba, maka syaithon-syaithon dan jin ifrit dibelenggu, pintu-pintu Neraka ditutup sehingga tidak ada satu pintu pun darinya yang dibuka. Dan pintu-pintu Surga dibuka sehingga tidak satu pintu yang ditutup. Kemudian ada seorang penyeru yang berseru: 'Wahai pencari kebaikan, sambutlah, dan wahai pencari kejahatan, kurangilah. Dan ALLOH membebaskan orang-orang dari Neraka, dan itu berlangsung pada setiap malam." (18)

===

(16) Dalam riwayat Imam Muslim disebutkan: "Futtihat abwaa-bur rohmah (pintu-pintu rohmat dibuka)."

(17) Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori 4/97 dan Imam Muslim 1079.

(18) Diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi 682, Imam Ibnu Majah 1642, Imam Ibnu Khuzaimah 3/188, melalui jalan Abu Bakar bin 'Iyasy dari al-A'masy dari Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu. Dan ini adalah sanad yang hasan.

===

Maroji':
Kitab: Shifatu Shoumin Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam fii Romadhoon, Penulis: Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, 1412 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Meneladani Shoum Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan II, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog