Skip to main content

Mengapa diabet?

Sebenarnya diabet sudah dikenal sekitar 4000 tahun silam di wilayah Mesir, Yunani, India, dan Cina. Diabetes berarti mengalir terus, maksudnya seseorang sering kencing dan minum. Adapun mellitus artinya manis, gula atau madu. Penyebutan diabetes pertama kali diberikan oleh Hesy-Ra, dokter Mesir pada tahun 1552 sebelum masehi, ketika melihat gejala seseorang kencing terus hingga badannya menjadi kurus.

Pada tahun 150 M, dokter Yunani Arateus mengembangkan diagnosa penderita diabetes dengan cara mencicipi kencingnya, bila terasa manis divonis diabetes. Adapun penambahan nama mellitus (manis), dari catatan sejarah terjadi pada 1675, dan baru pada tahun 1800 para ilmuwan mengembangkan tes kimia mendeteksi gula dalam urin.

Di sisi lain kendati penyakit ini tidak populer di negeri-negeri Islam (Timur Tengah), namun para 'Ulama kedokteran Islam dan dokter dari tanah Arob di antaranya al-Baghdadi, ar-Rozi, dan Ibnu Sina memberikan kontribusi dalam merumuskan pengobatannya. Sebelum adanya kesimpulan bahwa diabet adalah gangguan pada pankreas, para ahli kedokteran di masa lampau telah mengamati gangguan liver, empedu, dan ginjal.

Sementara itu sejumlah literatur diabet menjelaskan bahwa pemakaian obat dalam jangka panjang akan mengakibatkan komplikasi liver dan ginjal, hingga berujung pada sirosis atau gagal ginjal.

Pada dasarnya masalah diabet bermuara pada menurunnya kinerja pankreas sebagai pabrik insulin yang mengubah glukosa dalam darah menjadi sumber energi bagi tubuh. Ada pankreas yang tidak lagi mampu memproduksi insulin, dan ada pula yang kemampuan produksinya minim, sehingga gula tidak mampu diubah jadi energi dan menumpuk atau tercecer dalam darah, urin dan bagian tubuh lainnya.

Di pihak lain juga ada yang mengamati bahwa diabet bukan hanya masalah pankreas semata, melainkan juga bisa dipicu oleh lemahnya liver yang tak mampu memecah glukosa dengan baik. Akibatnya pankreas tidak terangsang atau terpancing mengeluarkan insulin, sehingga gula darah menjadi naik.

Sejak masa lampau para ahli kedokteran berkesimpulan bahwa diabet akibat perubahan perilaku/ tabiat dan buruknya pola makan, yang menyebabkan kinerja organ menjadi tidak seimbang. Pola makan serampangan dan tidak memperhatikan halal dan thoyyib, kandungan nutrisi/ gizi. Pada gilirannya banyak organ yang tidak mendapat suplai energi yang cukup, termasuk pankreas.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 3 Cetakan 3/ Tahun 3/ 2012

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog