Skip to main content

Macam-macam penyakit

Penyakit adalah perubahan dari kondisi normal yang bisa dideteksi, baik perubahan tersebut secara fisik maupun mental, yang mengakibatkan dampak-dampak negatif yang nyata.

Siapa yang menyelisihi petunjuk Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam dalam berobat, pasti terkena penyakit. Hal itu akan kami jelaskan dalam pembahasan yang akan datang, insya ALLOH. (70)

Imam Ibnul Qoyyim berkata, "Penyakit ada dua macam, yaitu penyakit hati dan penyakit badan. Adapun penyakit hati, dibagi menjadi dua, yaitu pertama, syubhat dan keraguan, serta yang kedua, syahwat.

1. Penyakit syubhat dan keraguan

Mengenai hal ini, ALLOH berfirman, "Di dalam hati mereka terdapat penyakit, maka ALLOH menambah sakit mereka." (Qur-an Suroh al-Baqoroh (2): ayat 10). ALLOH juga berfirman, "Dan agar orang-orang yang di hati mereka ada penyakit serta orang-orang kafir berkata, 'Apa yang dikehendaki oleh ALLOH dengan perumpamaan ini?'" (Qur-an Suroh al-Muddatstsir (74): ayat 31)

ALLOH juga berfirman tentang orang-orang yang diajak untuk berhukum kepada al-Qur-an dan as-Sunnah, lantas menolak, "Dan apabila mereka dipanggil kepada ALLOH dan Rosul-NYA, agar Rosul menghukum (mengadili) di antara mereka, tiba-tiba sebagian dari mereka menolak untuk datang. Tetapi jika keputusan itu untuk (kemaslahatan) mereka, mereka datang kepada Rosul dengan patuh. Apakah (ketidakdatangan mereka itu karena) dalam hati mereka ada penyakit, atau (karena) mereka ragu-ragu ataukah (karena) takut jika kalau ALLOH dan Rosul-NYA berlaku zholim kepada mereka? Sebenarnya mereka itulah orang-orang yang zholim." (Qur-an Suroh an-Nur (24): ayat 48-50)

Ayat-ayat di atas berkaitan dengan penyakit syubhat dan keraguan.

===

(70) Di belakang nanti akan ada pasal, "Bagaimana menyelisihi Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bisa menyebabkan timbulnya penyakit."

===

Maroji':
Kitab: asy-Syifa' min Wahyi Khotamil Anbiya', Penulis: Aiman bin 'Abdul Fattah, Penerbit: Darush Shohifah, Cetakan I, 1425 H/ 2004 M, Judul terjemahan: Keajaiban Thibbun Nabawi, bukti ilmiah dan rahasia kesembuhan dalam pengobatan Nabawi, Penerjemah: Hawin Murtadlo, Penerbit: al-Qowam - Surakarta, Cetakan VIII, 2012 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog