Skip to main content

Mandi di hari raya

Pembahasan kedua

Mandi di hari raya

Disunnahkan bersuci dengan mandi untuk hari raya, karena ia adalah hari berkumpulnya manusia untuk sholat, sehingga disunnahkan mandi pada hari itu seperti (mandi) hari Jum'at, dan jika hanya berwudhu' saja itu pun sah." (4)

Nafi' meriwayatkan bahwa 'Abdulloh bin 'Umar rodhiyaLLOOHU 'anhuma mandi di hari 'idul Fithri sebelum berangkat ke musholla (tanah lapang untuk sholat). (5)

Sedangkan Imam Sa'id bin al-Musayyib rohimahuLLOOH mengatakan, "Sunnah 'idul Fithri ada tiga: berjalan ke musholla, makan sebelum berangkat, dan mandi." (6)

Adapun Imam Ibnul Qoyyim rodhiyaLLOOHU 'anhu mengatakan, "Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mandi untuk dua hari raya. Hadits tentang itu shohih, dan juga telah ada riwayat yang shohih tentang hal itu dari Ibnu 'Umar rodhiyaLLOOHU 'anhuma yang memiliki semangat tinggi untuk mencontoh Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam. Ibnu 'Umar rodhiyaLLOOHU 'anhuma dahulu mandi pada hari raya sebelum ia keluar (menuju tanah lapang)." (7)

===

(4) Kitab al-Mughni karya Imam Ibnu Qudamah 3/257.

(5) Hadits Riwayat Imam Malik dalam kitab al-Muwaththo' 1/177.

(6) Kitab Irwaa-ul Gholiil 2/104.

(7) Kitab Zaadul Ma'aad 1/442.

===

Kitab: Ahkaamul 'Iidain wa 'Asyri Dzil Hijjah, Penulis: Dr. 'Abdulloh bin Muhammad bin Ahmad ath-Thoyyar, Penerbit: Darul 'Ashimah, Cetakan I, 1413 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Lebaran, Menurut Sunnah yang Shohih, Penerjemah: Kholid Syamhudi Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Jual kurma Nabi asli Madinah
Minat beli kurma ajwa?
Promo Kurma ajwah asli Madinah
Hubungi ARY
SMS 0857.7801.8878/ 0812.8964.7870
PIN BB 269C8299

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog