Skip to main content

Anjuran untuk melaksanakan sholat malam dan keutamaannya

Fadhilah sholat malam dan tata cara pelaksanaannya berdasarkan al-Qur-an dan Hadits Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam

A. Anjuran untuk melaksanakan sholat malam dan keutamaannya.

Salah satu 'ibadah yang mendekatkan diri seorang hamba kepada ALLOH adalah sholat malam. Oleh karena itu terdapat sejumlah ayat dan hadits Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam yang menganjurkan sholat malam serta menjelaskan sejumlah keutamaan orang yang mengerjakannya, di antaranya:

ALLOH Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (Surga) dan mata air - mata air. Sambil menerima segala pemberian ROBB mereka, sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum fajar. Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian." (11)

ALLOH Ta'ala berfirman:

"Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk ROBB mereka." (12)

Kemudian ALLOH perintahkan kepada Rosul-NYA shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam untuk mengerjakan sholat malam/ tahajjud sehingga sholat tersebut menjadi suatu kewajiban bagi Beliau, lalu Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam menganjurkan kepada ummatnya dalam sejumlah hadits dan menjelaskan berbagai keutamaannya. Maka segala puji hanya milik ALLOH yang telah menjelaskan segala sesuatu yang baik dan yang buruk bagi hamba-hamba-NYA yang beriman, melalui Rosul-NYA, Nabi kita Muhammad shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, shohabat Abu Dzarr rodhiyaLLOOHU 'anhu pernah berkata:

"Kami ditinggal wafat oleh Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, tiada seekor burungpun yang membolak-balikkan dua sayapnya di udara, melainkan Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam mengingatkan kami 'ilmu darinya." Abu Dzarr berkata, "Maka Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda, 'Tiada sesuatu yang tersisa yang mendekatkan ke Surga dan menjauhkan dari Neraka, melainkan telah dijelaskan kepada kamu." (13)

===

(11) Qur-an Suroh adz-Dzariyaat: ayat 15-19.

(12) Qur-an Suroh al-Furqoon: ayat 64, maksudnya orang-orang yang mengerjakan sholat tahajjud di malam hari semata-mata karena ALLOH.

(13) Dikeluarkan oleh Imam ath-Thobroni rohimahuLLOOH dalam kitab al-Mu'jam al-Kabiir nomor 1647 dan dishohihkan sanadnya oleh Syaikh 'Ali bin Hasan al-Halabi dalam kitabnya 'Ilmu Ushuul al-Bida' halaman 19.

===

Judul buku: Fadhilah Sholat Malam, Menurut al-Qur-an dan Hadits, Penulis: Abu 'Abdillah Mubarak bin Mahfudh Bamu'allim Lc, Penerbit: Duta Ilmu - Surabaya, Cetakan II, 2009 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog