Skip to main content

Dengan apakah istinja'? (2)

2. Istinja' dengan air.

Diriwayatkan dari Anas rodhiyaLLOOHU 'anhu, ia berkata, "Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memasuki tempat buang air, lalu aku dan seorang anak kecil lainnya membawakan segayung air dan tongkat kecil. Maka Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam beristinja' dengan air." (129)

Beristinja' dengan air lebih baik daripada beristijmar dengan batu. ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala telah memuji ahli Quba' karena beristinja' dengan air.

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu secara marfu' bahwa ayat ini turun berkenaan dengan penduduk Quba':

"Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri."
(Qur-an Suroh at-Taubah: ayat 108)

Ia berkata, "Mereka beristinja' dengan air, lalu turunlah ayat ini tentang mereka." (130)

Imam at-Tirmidzi 1/31 berkata, "Hal inilah yang berlaku di kalangan ahli 'ilmu. Mereka memilih beristinja' dengan air. Adapun beristinja' dengan batu, menurut mereka, sudah mencukupi. Namun, mereka menyukai beristinja' dengan air dan memandangnya lebih afdhol. Ini adalah pendapat yang dipilih oleh Imam ats-Tsauri, Imam Ibnu al-Mubarok, Imam asy-Syafi'i, Imam Ahmad, dan Imam Ishaq."

===

(129) Shohih, diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori 151, Imam Muslim 270, 271, dan selain keduanya.

(130) Hasan dengan syawahid. Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud 44, Imam at-Tirmidzi 3100, dan Imam Ibnu Majah 357, dengan sanad dho'if. Namun, ia memiliki syawahid yang menguatkannya. Lihat kitab al-Irwa' 45.

===

Maroji':
Kitab: Shohih Fiqh as-Sunnah, wa adillatuhu wa taudhih madzahib al-a'immah, Penulis: Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, Penerbit: Maktabah at-Taufiqiyah, Kairo - Mesir, Cetakan 1424 H/ 2003 M, Judul terjemah: Shohih Fiqih Sunnah Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta, Cetakan IV, 1430 H/ 2009 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Toko Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog