Skip to main content

Keutamaan puasa: Puasa sebagai perisai

Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam memerintahkan puasa kepada orang yang diliputi oleh nafsu birahi, sedang dia tidak mampu untuk menikah, dan menjadikannya sebagai pengekang nafsu syahwat ini. Sebab, puasa bisa menahan kekuatan anggota tubuh dari keterlepasannya serta menenangkan setiap anggota tubuh dan kekuatannya yang menyimpang dan mengekang dengan kekangannya. Telah ditegaskan bahwa puasa memiliki pengaruh yang sangat menakjubkan untuk memelihara fisik dan kekuatan bathin.

Oleh karena itu semua, Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam pun bersabda:

"Wahai sekalian anak muda, barangsiapa di antara kalian mampu (2), maka hendaklah dia menikah, karena sesungguhnya menikah itu lebih menundukkan pandangan dan lebih tangguh memelihara kemaluan. Dan barangsiapa tidak mampu, maka hendaklah dia berpuasa, karena puasa bisa menjadi perisai baginya." (3)

Selain itu, Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga telah menjelaskan bahwa Surga itu dikelilingi oleh hal-hal yang tidak disukai sedangkan Neraka dikelilingi oleh berbagai kesenangan syahwat. Oleh karena itu, wahai orang muslim, jika engkau sudah memahami bahwa puasa itu dapat mematahkan syahwat dan menumpulkan ketajamannya yang bisa mendekatkan api Neraka, dan puasa dapat menjadi penyekat antara orang yang berpuasa dengan Neraka. Banyak hadits yang secara lantang menyebutkan bahwa puasa merupakan benteng perlindungan dari api Neraka sekaligus sebagai perisai yang melindungi seorang hamba dari api Neraka.

Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda:

"Tidaklah seorang hamba berpuasa pada suatu hari (dalam berjihad) di jalan ALLOH melainkan dengannya ALLOH akan menjauhkan wajahnya dari api Neraka, sejauh perjalanan tujuh puluh tahun." (4)

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga bersabda:

"Puasa itu perisai, yang dengannya seorang hamba melindungi diri dari api Neraka." (5)

Selain itu, Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga bersabda:

"Barangsiapa berpuasa pada suatu hari (dalam berjihad) di jalan ALLOH, maka ALLOH akan menjadikan antara dirinya dengan api Neraka satu parit sejauh jarak antara langit dan bumi." (6)

Beberapa orang 'ulama berpendapat bahwa hadits-hadits yang disebutkan di atas menjelaskan keutamaan puasa dalam jihad dan perang di jalan ALLOH. Secara lahiriah, jika setiap puasa dilakukan dengan tulus ikhlash karena ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala dan sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, maka telah termasuk di jalan ALLOH (fii sabiiliLLAAH).

===

(2) Mampu menikah dengan segala konsekuensi dan tanggung jawabnya.

(3) Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori 4/106, dan Imam Muslim 1400 dari Ibnu Mas'ud rodhiyaLLOOHU 'anhu.

(4) Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhori 6/35, Imam Muslim 1153, dari Abu Sa'id al-Khudri rodhiyaLLOOHU 'anhu. Dan lafazh di atas adalah milik Imam Muslim. Sabda Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam: "Sab'iina khoriifan" berarti perjalanan sejauh tujuh puluh tahun. Demikian yang dikemukakannya (al-Hafizh Ibnu Hajar) di dalam kitab, Fat-hul Baari 6/48.

(5) Diriwayatkan oleh Imam Ahmad 3/241, dan 3/296 dari Jabir rodhiyaLLOOHU 'anhu. Dan Imam Ahmad 4/22 dari 'Utsman bin Abi al-'Ash rodhiyaLLOOHU 'anhu, dan ini adalah hadits shohih.

(6) Diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi 1624, dari hadits Abu Umamah rodhiyaLLOOHU 'anhu. Di dalam sanadnya mengandung layyin. Dan al-Walid bin Jamil: Shoduq, yang melakukan kesalahan. Tetapi ia ditabi', dimana hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam ath-Thobroni di dalam kitab al-Kabiir 8/260, 274, dan 280, dari dua jalan dari al-Qosim dari Abu Umamah rodhiyaLLOOHU 'anhu.

===

Maroji':
Kitab: Shifatu Shoumin Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam fii Romadhoon, Penulis: Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali dan 'Ali Hasan 'Ali 'Abdul Hamid, Penerbit: al-Maktabah al-Islamiyyah, Amman - Yordania, Cetakan IV, 1412 H/ 1992 M, Judul terjemahan: Meneladani Shoum Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Penerjemah: M. Abdul Ghoffar E.M, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan II, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog