Skip to main content

Mengapa diabet? (2)

Untuk itu dalam paparannya Imam Ibnu Qoyyim al-Jauziyah rohimahuLLOOH menegaskan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam masalah kesehatan:

Pertama, merawat kesehatan secara jasmani dan rohani, yakni menjaga dan memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi, lalu menjaga akhlaq dan 'ibadah karena sangat besar pengaruhnya terhadap stabilitas jiwa dan raga.

Kedua, meningkatkan antibodi (daya tahan tubuh) dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkhasiat unggul seperti madu, habbatus sauda', susu, ragam buah, sayur, daging, dan lainnya.

Ketiga, pengobatan yang dilakukan juga didasarkan pada tuntunan Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, seperti hijamah (bekam), ruqyah, dawa' (herbal) dan terapi pendukung lainnya yang tidak merusak tubuh. Begitu pula menjaga kesehatan hati (qolb), 'ibadah merupakan dasar yang penting dalam usaha meraih kesehatan dan kesembuhan.

Pada dasarnya diabet tak ubahnya penyakit lainnya yang bermuara pada menurunnya fungsi organ dan minimnya asupan gizi/ nutrisi sehingga mengganggu kemampuan kinerja organ pankreas khususnya. Bila pola makan dan gaya hidup dijaga secara Islami, artinya hak-hak tubuh diperhatikan insya ALLOH semua organ bekerja dengan stabil tanpa banyak gangguan.

Pemicu diabet lainnya yang harus diperhatikan adalah stress atau tekanan pikiran (jiwa). Menurut dr. Yenianto Kusumo, ketegangan, cemas, takut, gelisah, dan sejenisnya sangat efektif meningkatkan gula darah dan penderitaan organ lainnya. Dampak stress diantaranya mengganggu kelenturan bola mata, jantung berdebar, dan mengganggu seluruh sistem jaringan tubuh lantaran menguras cadangan energi dalam tubuh.

"Ketika stress, kita butuh peningkatan energi, bila kebutuhan energinya besar akan diatasi dengan membongkar cadangan energi yang ada. Terbongkarnya cadangan energi efektif meningkatkan gula darah. Bila beban stress turun kadar gula darah juga akan turun. Nah ketika gula darah meningkat seseorang akan banyak minum, banyak makan, dan banyak kencing," ujar dr. Anto (sapaan akrab dr. Yenianto Kusumo) yang juga pengasuh Rumah Sehat Alami "ISMEC" Yogyakarta ini.

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 3 Cetakan 3/ Tahun 3/ 2012

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog