Skip to main content

Isteri yang ideal yang menetap di dalam rumahnya: Pandai mengurus keuangan keluarga (2)

Islam telah mengatur berbagai masalah masyarakat, di antaranya adalah masalah pembelanjaan. Dari al-Mughiroh bin Syu'bah rodhiyaLLOOHU 'anhu, dari Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, Beliau bersabda,
"Sesungguhnya ALLOH mengharomkan atas kalian mendurhakai ibu, mengubur anak-anak putri secara hidup-hidup, menuntut dan memberi yang bukan haknya, dan DIA membenci bagi kalian kata-mengatai, banyak bertanya dan menghambur-hamburkan harta."
(Diriwayatkan Imam al-Bukhori)

Di dalam hadits ini terdapat larangan menghambur-hamburkan harta, atau berlebih-lebihan dalam membelanjakan harta untuk sesuatu yang tidak diperkenankan syari'at, baik yang bertendensi agama maupun dunia. Sebab ALLOH menjadikan harta sebagai penopang kebutuhan manusia.

Mempergunakan harta secara berlebih-lebihan, berarti menyia-nyiakan kepentingan tersebut, baik yang berkaitan dengan hak orang yang mempergunakannya atau hak orang lain. Lain permasalahannya jika pembelanjaan itu untuk hal-hal yang baik, untuk mendapatkan pahala di akhiroh, selagi tidak merampas hak orang lain atau sesuatu yang mestinya diprioritaskan.

Ini merupakan kaidah yang sangat tepat dalam masalah pembelanjaan. Pembelanjaan untuk kebaikan tidak mengenal istilah berlebih-lebihan. Wanita yang sholihah tidak akan mencela suaminya jika dia memberikan harta kepada kedua orangtuanya atau kerabatnya atau untuk shodaqoh, selagi hal itu tidak mengganggu kewajiban agamanya.

===

Maroji':
Kitab: az-Zaujatul Mistsaliyyah, Penulis: Khoulah binti 'Abdul Qodir Darwis, Penerbit: Darul Muhammadi lin Nasyr wat Tauzi', Cetakan 1, 1415 H, Judul terjemahan: Isteri yang ideal, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Darul Falah - Bekasi, Cetakan IX, 1432 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog