Skip to main content

Disunnahkannya Sholat Tarowih Berjama'ah

Fasal I

Pendahuluan, Tentang Disunnahkannya Sholat Tarowih Berjama'ah

Orang yang memiliki 'ilmu tentang sunnah, pasti meyakini disyari'atkannya sholat malam berjama'ah pada bulan Romadhon, yaitu sholat yang lebih dikenal dengan sebutan sholat tarowih. Hal itu berdasarkan pada beberapa hal:

a. Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam telah menetapkan disyari'atkannya sholat berjama'ah.

b. Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga menegakkannya.

c. Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam telah menjelaskan keutamaannya.


(a). Adapun mengenai penetapan Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam tentang disyari'atkannya sholat itu, adalah berdasarkan hadits Tsa'labah bin 'Abdil Malik al-Qurodzi, dimana ia menuturkan: "Suatu malam di bulan Romadhon, Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam keluar rumah, lalu menyaksikan orang-orang tengah melaksanakan sholat di ujung masjid. Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam lantas bertanya, "Sedang apa mereka?" Seorang shohabat menjawab: "Ya Rosululloh, mereka itu orang-orang yang belum banyak hafal al-Qur-an, sedangkan Ubay bin Ka'ab seorang qori, maka merekapun sholat bermakmum kepadanya." Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam menanggapi: "Sungguh mereka telah berbuat kebaikan." Atau Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda: "Sungguh mereka benar, perbuatan itu sama sekali tidak dilarang." (Diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi 2/495, dan beliau menandaskan: "Hadits ini mursal dan hasan". Aku katakan: Hadits ini juga diriwayatkan dari jalur lain dari hadits Abu Huroiroh rodhiyaLLOOHU 'anhu dengan sanad yang lumayan kalau diiringi dengan muttabbi' (penyerta) dan syahid (penguat). Dikeluarkan juga oleh Imam Ibnu Nashr dalam kitab Qiyamul Laili halaman 90, Imam Abu Dawud 1/217, dan Imam al-Baihaqi).

===

Maroji':
Kitab: Sholatut Tarowih, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani, Judul terjemahan: Sholat Tarowih, Penerjemah: Abu Umar Basyir al-Maidani, Penerbit: at-Tibyan - Solo, Cetakan IV, 2000 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog