Skip to main content

Isteri yang ideal yang menetap di dalam rumahnya: rajin dan cekatan (2)

Isteri yang sholihah dan ideal selalu mengefektifkan waktunya, yang dianggap sebagian orang sebagai kekosongan yang menimbulkan rasa jemu dan bosan, yang dianggap berat dan pahit. Tetapi dengan kerajinannya, isteri yang ideal mampu menjadikan kehidupannya bernilai tinggi. Untuk itu dia mempelajari urusan-urusan agama yang memang memungkinkan, seperti memahami Kitab ALLOH, hukum-hukum fiqih yang dibutuhkannya, agar bisa mengetahui hukum halal dan harom.

Dia bisa meringkas dalam suatu tulisan dari buku-buku yang dibacanya, sehingga sang suami juga bisa mengambil manfaat darinya. Di samping itu, dia juga bisa mengikuti siaran radio, mendengarkan berbagai berita dan peristiwa di penjuru dunia, sehingga dia bisa menyadari keberadaannya di dunia. Semua ini dilakukan karena mengharapkan pahala dari ALLOH.

Nabi shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda,
"Barangsiapa yang menunjukkan kepada suatu kebaikan, maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya."
(Diriwayatkan Imam Muslim)

Jika pekerjaannya menumpuk dan banyak tuntutan di sekelilingnya, maka dia tidak boleh merasa kalah sebelum bertindak dengan meremehkan semuanya, lalu dia tidak berbuat apa-apa. Tetapi dia harus mendahulukan yang prioritas, menyusun pekerjaannya dan tidak boleh lalai.

Kewajibannya terhadap keluarga suami, silaturohim dan mengunjungi orang yang sakit harus diprioritaskan daripada pekerjaan lain yang bisa ditangguhkan. Dia bisa menangguhkan tugas mencuci dan menyeterika pakaian sehari, agar waktu dan pekerjaan bisa berjalan selaras, sehingga dia bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, tanpa meremehkan pekerjaan yang lain.

Bukan berarti seorang wanita harus mengaktifkan setiap jengkal waktunya. Tetapi ada saat-saat tertentu bagi keluarga untuk bersantai.

Kita mempunyai keteladanan yang baik pada diri Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam dan canda Beliau bersama 'Aisyah rodhiyaLLOOHU 'anhuma dan perlombaan larinya dengan 'Aisyah. Suatu kali 'Aisyah menang, dan tatkala 'Aisyah semakin gemuk, maka Beliau-lah yang menang.

Seorang isteri bisa bertamasya dengan keluarganya, bercanda dengan suami dan anak-anak, mengasihi semua, membangkitkan semangat untuk menapaki kehidupan ini.

===

Maroji':
Kitab: az-Zaujatul Mistsaliyyah, Penulis: Khoulah binti 'Abdul Qodir Darwis, Penerbit: Darul Muhammadi lin Nasyr wat Tauzi', Cetakan 1, 1415 H, Judul terjemahan: Isteri yang ideal, Penerjemah: Kathur Suhardi, Penerbit: Darul Falah - Bekasi, Cetakan IX, 1432 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog