Skip to main content

Hal-hal yang diharomkan atas kerabat mayat: Meratapi mayat

Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam telah mengharomkan hal-hal yang pernah dilakukan oleh orang-orang pada zaman dahulu, bahkan sampai sekarang masih dilakukan oleh sebagian orang ketika ada sanak kerabatnya yang meninggal dunia. Oleh karena itu perlu diketahui tentang hal-hal yang berkenaan dengan masalah tersebut agar ummat Islam tidak terjerumus ke dalamnya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meratapi mayat. (2)

Banyak hadits yang menjelaskan tentang larangan untuk meratapi kematian seseorang. Untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap anda dapat merujuk kembali dalam kitab aslinya (Ahkamul Jana-iz wa Bida'uha). Di antara larangan itu terdapat dalam sabda Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam,

"Ada dua hal, jika dilakukan oleh manusia dapat membuatnya menjadi kafir, mencela dalam hal nasab (keturunan) dan meratapi mayat."

===

(2) Yang dimaksud dengan meratapi mayat disini adalah menangisi atas kematian mayat sampai berlebihan. Ibnu al-Arobi berkata, "Menangisi mayat adalah termasuk perbuatan orang-orang jahiliyyah pada saat itu. Pada saat itu para wanita berdiri saling berhadap-hadapan sambil menjerit-jerit dan manabur-naburkan debu ke atas kepalanya dan memukul-mukul wajah mereka. (Dinukil oleh al-Ubay dari riwayat Imam Muslim).

===

Maroji':
Kitab: Talkhiish ahkaamul janaa-iz wa bida'uha, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani, Judul terjemahan: Panduan praktis hukum jenazah, Penerjemah: Muhammad Dahri Lc dkk, Penerbit: Darus Sunnah Press - Jakarta, Cetakan I, 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog