Skip to main content

Keutamaan Shiyam dan Qiyam Romadhon

Segala puji bagi ALLOH Ta'ala. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam, keluarga, para Shohabatnya serta orang-orang yang berpegang teguh dengan petunjuk Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam.
Amma ba'du:

Ini adalah nasihat yang ringkas tentang keutamaan shiyam dan qiyam Romadhon. Juga tentang keutamaan untuk berlomba-lomba dengan 'amalan sholih selama bulan Romadhon, beserta penjelasan hukum-hukum yang sangat penting yang sering tidak diketahui oleh kebanyakan manusia.

Diriwayatkan dari Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bahwa Beliau selalu menyampaikan berita gembira kepada para Shohabatnya dengan datangnya bulan Romadhon, dan Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga menyampaikan kepada mereka semua bahwa bulan Romadhon adalah bulan yang di dalamnya dibuka pintu-pintu rohmat dan pintu-pintu jannah, serta ditutupnya pintu-pintu naar dan dibelenggunya syaithon-syaithon. Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda:

"Apabila tiba awal bulan Romadhon dibukalah pintu-pintu jannah sehingga tidak ada satu pun yang ditutup, dan ditutuplah pintu-pintu naar Jahannam sehingga tidak ada satu pintu pun yang dibuka, serta dibelenggulah syaithon-syaithon. Kemudian ada yang menyeru dengan seruan: 'Wahai orang-orang yang menginginkan kebaikan, datanglah! Wahai orang-orang yang berbuat kejelekan, berhentilah! Dan ALLOH Ta'ala mempunyai hamba-hamba yang dibebaskan dari naar, dan itu terjadi setiap malam (selama bulan Romadhon)."

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam juga bersabda:

"Telah datang kepada kalian bulan Romadhon, bulan yang penuh barokah. ALLOH Ta'ala mendatangi kalian pada bulan itu. Maka ALLOH Ta'ala menurunkan rohmat-NYA, menghapus kesalahan-kesalahan serta mengabulkan do'a-do'a. ALLOH Ta'ala melihat kalian berlomba-lomba di bulan itu, sehingga DIA akan membanggakan kalian di hadapan para Malaikat-NYA. Maka perlihatkanlah kebaikan-kebaikan kepada ALLOH Ta'ala dari diri kalian. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang terhalang dari rohmat ALLOH Ta'ala."

Beliau shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda lagi:

"Barangsiapa yang shiyam Romadhon karena iman dan mengharapkan pahala dari ALLOH Ta'ala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang melaksanakan qiyam (sholat) Romadhon karena iman dan mengharapkan pahala dari ALLOH Ta'ala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang melaksanakan qiyam (sholat) pada malam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala dari ALLOH Ta'ala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam bersabda:

"ALLOH 'Azza wa Jalla berfirman, 'Setiap 'amalan anak Adam akan dibalas baginya dengan kebaikan sepuluh kali lipatnya sampai tujuh ratus kali lipat kecuali shiyam. Maka sesungguhnya shiyam adalah milik-KU. Dan AKU sendiri akan membalasnya. (Orang yang shiyam tersebut) meninggalkan hawa nafsunya, makan dan minumnya karena AKU.' Bagi orang yang shiyam ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan ALLOH Ta'ala. Dan sungguh! Bau mulut orang yang shiyam itu lebih harum dan wangi di sisi ALLOH Ta'ala daripada wangi harumnya minyak wangi misik."

Hadits-hadits yang berbicara tentang keutamaan shiyam dan qiyam Romadhon sangat banyak sekali. Maka hendaklah setiap mukmin memanfaatkan kesempatan tersebut. Kesempatan tersebut adalah sebuah kenikmatan yang diberikan ALLOH Ta'ala, dimana dia bertemu dengan bulan Romadhon sehingga seharusnya dia bersegera untuk melaksanakan keta'atan, berhati-hati serta menjauhkan diri dari setiap kejelekan dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban dari ALLOH Ta'ala.

===

Maroji':
Kitab: Fatawa ash-Shiyaam Syaikh 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz, Syaikh Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin, Syaikh 'Abdulloh al-Jibriin, Penyusun: Muhammad al-Musnid, Judul terjemahan: Bekal di bulan Romadhon, Penerjemah: 'Ainun Najib Azhari Lc, Penerbit: at-Tibyan - Solo.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Kios Tas, Sepatu, Jaket, Baju, dll
http://SahlaAgency.blogspot.com

===

Sembilan kitab hadits dalam Satu software
Cinta Rosululloh shollaLLOOHU 'alayhi wa sallam?
Gali pesan Beliau di software ini
Software hadits digital berisi sembilan kitab hadits dengan terjemah. Disertai berbagai fitur yang menarik.
Cocok untuk ustadz, pelajar, dan umum
http://lidwa.com

===

BISNIS PULSA
Harga voucher pulsa SANGAT MURAH !
Biaya registrasi GRATIS tanpa dipungut biaya apa pun
Biaya SMS reply Rp 0,- ( GRATIS )
Jumlah nominal deposit pulsa BEBAS tanpa ada minimal jumlah deposit
Transaksi pulsa ONLINE 24 jam sehari NONSTOP
Tidak ada target penjualan
http://www.pulsagram.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog