Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Khidir dan Penjual

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 12

Khidir 'alaihis salaam dan Penjual

Ibnu Abi Dunya berkata, hadits ini kami dapatkan dari ayahku, 'Ali bin Syafiq menuturkan kepada kami, dari Ibnu Mubarak, dari 'Umar bin Muhammad bin al-Munkadir (1), dia berkata, "Pada suatu ketika, ada seorang laki-laki yang sedang berjualan, sambil mengucapkan sumpah (untuk meyakinkan para pembeli). Mendengar hal itu seorang tua berdiri dan berkata, "Wahai penjual, jual saja seperti biasa, dan jangan pakai kata-kata sumpah." Namun si penjual kembali mengulangi kata-kata sumpahnya. Orang tua tadi berkata lagi, "Jual saja, tidak usah pakai sumpah." Lalu si penjual berkata, "Aku akan menerima saranmu bila kau jelaskan maksud dari perkataanmu tadi." Orang tua itu berkata, "Maksudku begini, dampak kejujuran atas sesuatu yang merugikanmu itu lebih baik dari kebohongan yang memberi manfaat kepadamu. Dan berbicaralah, namun ketika ilmu tidak sampai, diamlah. Dan anggaplah bohong orang yang suka menceritakan keadaan orang lain kepadamu." Si penjual berkata, "Tulislah kalimat tersebut untukku."

Lalu orang tadi melanjutkan, "Jika Allah mentakdirkan sesuatu pasti akan terjadi." Kemudian si penjual tadi tidak melihat orang tua tersebut, menghilang entah kemana. Mereka menganggap bahwa orang tua tadi adalah Khidir.

Ibnu al-Jauzi berkata, sepertinya ini adalah teks asli yang terdapat dalam hadits.

Abu Amr bin as-Samak meriwayatkan dalam kitab Fawaid, dari Yahya bin Abi Thalib dari 'Ali bin 'Ashim (2), dari 'Abdullah bin 'Abdillah, dia berkata: Suatu kali Ibnu 'Umar sedang duduk, sedang di sampingnya ada seseorang yang menawarkan barang dagangannya, dan mengulang-ulang penawaran itu agar orang percaya. Pada saat yang sama lewatlah seorang lelaki yang berkata, "Bertakwalah kepada Allah, janganlah pakai kata-kata sumpah untuk membual. Kamu harus jujur sekalipun akan membuatmu rugi. Dan janganlah berbohong sekalipun akan menguntungkanmu. Dan janganlah kamu menambah-nambah suatu cerita kepada orang lain."

Ibnu 'Umar berkata kepada penjual tadi, "Patuhilah dia. Dan katakan padanya, tulislah kata-kata itu." Si penjual mengikutinya, dan mendengar orang tadi berkata, "Sesuatu yang telah ditakdirkan pasti akan terjadi." Kemudian orang itu menghilang. Lalu si penjual kembali dan menceritakan hal itu kepada Ibnu 'Umar. Kemudian Ibnu 'Umar berkata, "Dialah Khidir."

Ibnu al-Jauzi berkata, 'Ali bin 'Ashim termasuk orang dha'if dan buruk hafalanny. Bisa saja yang dia maksud adalah 'Umar bin Muhammad bin al-Munkadir, namun disangkanya Ibnu 'Umar ra-dhiyallaahu 'anhuma. Diriwayatkan Ahmad bin Muhammad bin Mush'ab, salah seorang dari periwayat hadits maudhu' (palsu) dan termasuk orang-orang majhul, dari 'Atha, dari Ibnu 'Umar ra-dhiyallaahu 'anhuma.

Bersambung...

===

(1) Dia adalah 'Umar bin Muhammad bin al-Munkadir at-Taimi, terpercaya. Diriwayatkan oleh Muslim, Abu Dawud, dan an-Nasa-i, termasuk golongan ketujuh. Lihat: at-Taqrib 2/63, at-Tahdzib 7/497, al-Jam'u 1/346.

(2) Dia adalah 'Ali bin 'Ashim bin Shuhaib al-Wasithi, dapat dipercaya namun juga pernah salah, diduga masuk ke golongan syi'ah. Termasuk dalam golongan kesembilan. Diriwayatkan Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Meninggal tahun 201 H. Lihat: adh-Dhu'afa' karya al-'Aqili 1244, al-Majruhin 2/113, at-Taqrib 2/39, at-Tahdzib 7/344, al-Mizan 3/115.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog