Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Siapakah yang Pernah Bertemu Khidir Pasca Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 11

Siapakah yang Pernah Bertemu Khidir 'alaihis salaam Pasca Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?

Ibnu Abi Hatim mengatakan dalam kitab tafsir, hadits berikut kami dapatkan dari 'Abdul 'Aziz al-Uwaisi, dan kami mendapatkannya dari 'Ali bin Abi 'Ali al-Hasyimi, dari Ja'far bin Muhammad bin 'Ali bin Husain, dari bapaknya, bahwa 'Ali bin Abi Thalib ra-dhiyallaahu 'anhu berkata: "Ketika Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam wafat, ada seseorang yang datang untuk takziah. Anehnya, mereka hanya dapat mendengar suara pelannya namun tidak dapat melihat postur tubuhnya.

Kemudian orang itu berkata: "Assalaamu 'alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh, wahai ahlul bait. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan kematian. Dan sesungguhnya pada hari Kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Sesungguhnya Allah pelipur lara dari segala musibah, berada di balik semua kebinasaan, dan mengetahui segala yang telah berlalu. Hanya kepada Allahlah kalian harus mempercayakan semuanya, hanya kepada-Nya kalian berharap. Sesungguhnya musibah yang sebenarnya adalah ketika diharamkannya seseorang menerima pahala." Ja'far berkata, ayahku memberitahu bahwa 'Ali bin Abi Thalib ra-dhiyallaahu 'anhu berkata, "Tahukah kalian siapa dia? Dia ini adalah Khidir." (1)

Muhammad bin Manshur al-Jazar meriwayatkan dari Muhammad bin Ja'far dan 'Abdullah bin Maimun (2) al-Qadah, semuanya berasal dari Ja'far bin Muhammad, dari bapaknya, dari 'Ali bin Husain, kudengar ayahku berkata: Ketika Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah tiada, seorang pentakziah datang berkunjung, mereka yang berada di tempat itu mendengar suaranya yang pelan, namun mereka tidak dapat melihat dirinya. Kemudian dia berkata: "Assalaamu 'alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh, wahai ahlul bait. Sesungguhnya Allah pelipur lara dari segala musibah, berada di balik semua kebinasaan, dan mengetahui segala yang telah berlalu. Hanya kepada Allah kalian harus mempercayakan semuanya, hanya kepada-Nya kalian berharap. Sesungguhnya musibah yang sebenarnya adalah ketika diharamkannya seseorang menerima pahala." Kemudian 'Ali ra-dhiyallaahu 'anhu berkata, "Tahukah kalian siapa dia? Inilah dia Khidir." (3)

Ibnu al-Jauzi berkata, dalam hadits ini terdapat nama Muhammad bin Shalih, dari Muhammad bin Ja'far. Seperti yang telah diketahui bersama, Muhammad bin Shalih adalah orang yang dikategorikan dha'if (lemah). Selain itu, menurut periwayatan al-Waqidi, dia ini dikenal sebagai pembohong. Diriwayatkan pula oleh Muhammad bin Abi 'Umar, dari Muhammad bin Ja'far dan Ibnu Abi 'Umar, dia (Muhammad bin Shalih) termasuk majhul. Hematku, hadits ini jelas dha'if.

Ibnu Abi 'Umar lebih otoritatif untuk menerangkan masalah ini. Dia adalah salah seorang syaikh (guru) muslim di antara para imam lainnya. Dia termasuk senior di antara para imam, dia juga terpercaya dan hafal al-Qur-an, pemilik karya musnad terkenal yang menjadi salah satu dasar periwayatan. Dan hadits ini juga terdapat di dalamnya.

Bersambung...

===

(1) Disebutkan Ibnu Katsir dari riwayat al-Baihaqi, dan Ibnu Abi Hatim dalam al-Bidayah 1/332 kemudian dia berkata: Tidak benar.

(2) Dia adalah 'Abdullah bin Maimun al-Qaddah, hadits mungkar (lemah), matruk, diriwayatkan oleh at-Tirmidzi. Dia termasuk thabaqah kedelapan. Lihat: at-Taqrib 1/455, adh-Dhu'afa' karya al-'Aqili 877, al-Mizan 5/206, al-Majruhin 2/21.

(3) Sanadnya dha'if sekali disebutkan oleh al-Hafizh al-Haitami dalam Majma' az-Zawaid 9/35, dia berkata: Diriwayatkan ath-Thabrani, dan di dalamnya terdapat 'Abdullah bin Maimun al-Qaddah, dan dia termasuk dzahib hadits.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog