Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Silsilah Khidir (2)

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab I

Teka-teki di Seputar Silsilah dan Asal Mula Nama Khidir

Silsilah Khidir (2)

Pendapat keempat dituturkan oleh Isma'il bin Abu Uwais. Menurutnya Khidir adalah al-Mu'ammar bin Malik bin 'Abdullah bin Nashr bin al-Azad. Dikatakan pula nama sebenarnya adalah Amir, menurut hikayat Abu al-Khattab Ibnu Dahyah dari Ibnu Habib al-Baghdadi.

Pendapat kelima mengatakan Khidir itu adalah Ibnu Amaniel bin an-Nur bin al-Aish bin Ishaq. Sedangkan bapaknya dinamakan Amael Muqatil. Pendapat ini juga diambil menurut hikayat Ibnu Qutaibah.

Pendapat keenam mengatakan bahwa Khidir itu termasuk sanak saudara Harun 'alaihis salaam, saudara Nabi Musa 'alaihis salaam. Hal ini diambil dari riwayat al-Kalabi (5), dari Abu Shalih, dari Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma (6) dan riwayat ini jauh dari kebenaran. Selain itu, ada riwayat yang lebih mencengangkan dari perkataan Ibnu Ishaq bahwa Khidir adalah Armea bin Khalqea. Pendapat ini jelas-jelas dibantah oleh Abu Ja'far bin Jarir.

Pendapat ketujuh mengatakan bahwa Khidir adalah putra dari anak perempuan Fir'aun. Hikayat ini diambil dari Muhammad bin Ayyub (7) dari Ibnu Lahyi'ah (8). Dikatakan pula Khidir adalah putra Fir'aun dari tulang belakangnya, menurut hikayat an-Nuqasy.

Pendapat kedelapan, Khidir adalah al-Yusa. Pendapat ini menurut hikayat yang juga diambil dari Muqatil. Ini juga jauh dari kenyataan.

Pendapat kesembilan, Khidir termasuk salah seorang anak yang berasal dari Persia. Hikayat ini muncul melalui Ibnu Syaudzab, sebagai salah satu riwayat yang telah dituturkan periwayatannya oleh ath-Thabari dengan sanad yang baik, melalui riwayat Dhamrah bin Rabi'ah (9) dari Ibnu Syaudzab (10).

Pendapat kesepuluh menyebutkan, Khidir termasuk salah seorang anak campuran orang yang beriman kepada Ibrahim dan berhijrah bersamanya dari Babilonia. Hikayat ini dituturkan oleh Ibnu Jarir ath-Thabari dalam karya sejarahnya. Dikatakan pula bahwa Khidir mempunyai ayah yang berasal dari Persia dan ibu yang berasal dari Romawi.

Bersambung...

===

(5) Dia adalah Muhammad bin al-Sa'ib bin Basyar, al-Kalabi, an-Nisabah, seorang mufassir. Dia termasuk orang yang dituduh berbohong. Meninggal tahun 146 H. Lihat: at-Taqrib 2/163, adh-Dhu'afa' ash-Shaghir karya al-Bukhari 101, adh-Dhu'afa' karya al-'Aqili 1632, al-Majruhin 2/253, al-Mizan 3/559, at-Tahdzib 9/180, al-Kamil 6/2127.

(6) Sanadnya dha'if sekali.

(7) Dia adalah Muhammad bin Ayyub bin al-Kalabi, al-Wasithi. Orangnya dipercaya, termasuk dalam tingkatan kesepuluh para perawi. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Lihat: at-Taqrib 1/147.

(8) Dia adalah 'Abdullah bin Lahyi'ah, orangnya dipercaya. Setelah kitabnya terbakar dia mulai mencampur-adukkan hadits. Dia termasuk dalam tingkatan ketujuh di antara perawi, meninggal pada tahun 174 H. Lihat: at-Taqrib 1/444, al-Mizan 2/475, al-Majruhin 2/11.

(9) Dia adalah Dhamrah bin Rabi'ah al-Falisthini, Abu 'Abdillah, orangnya dipercaya meski sedikit meragukan. Diriwayatkan al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad dan empat imam hadits lainnya. Meninggal pada tahun 202 H. Lihat: at-Taqrib 1/374, at-Tahdzib 4/460, Tarikh ats-Tsiqat 782.

(10) Dia adalah 'Abdullah bin Syaudzab al-Khurrasani. Orangnya dapat dipercaya dan ahli ibadah, termasuk dalam tingkatan ketujuh di antara perawi, meninggal tahun 156 H. Lihat: at-Taqrib 1/423, at-Tahdzib 5/256, Tarikh ats-Tsiqat 906.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog