Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (8-9)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (8-9)

Kemudian Allah Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman:

Al-Baqarah, Ayat 8-9

Golongan Munafik, -pent.

"Di antara manusia ada yang mengatakan: 'Kami beriman kepada Allah dan hari Akhir', padahal mereka itu bukan orang-orang yang beriman." (QS. 2: 8). "Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu diri sendiri, sedang mereka tidak menyadarinya." (QS. 2: 9)

Makna Nifaq (Kemunafikan)

Nifaq adalah menampakkan kebaikan dan menyembunyikan keburukan. Nifaq ada beberapa macam. Pertama, nifaq I'tiqadi (dalam keyakinan), yang menjadikan pelakunya kekal di Neraka. Kedua, nifaq 'amali (berupa perbuatan) yang merupakan salah satu dosa besar, sebagaimana akan dirinci pada pembahasan khusus insya Allah. Ibnu Juraij berpendapat bahwa orang munafik itu senantiasa bertentangan antara ucapan dan perbuatannya, antara yang tersembunyi dan yang nyata, serta antara zhahir dan yang bathin. (55)

Awal Mula Kemunafikan

Sesungguhnya sifat-sifat kaum munafik banyak disebutkan dalam surat-surat yang diturunkan di Madinah, karena di Makkah tidak ada kemunafikan. Bahkan sebaliknya, di antara penduduk Makkah ada yang menampakkan kekafiran karena terpaksa, padahal hati mereka beriman. Ketika Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam hijrah ke Madinah, di sana terdapat kaum Anshar yang terdiri dari kabilah Aus dan Khazraj yang pada masa jahiliyah, mereka beribadah kepada berhala, sebagaimana kaum musyrikin Arab. Di sana juga terdapat orang-orang yahudi dari kalangan Ahlul Kitab yang menempuh jalan para pendahulu mereka. Mereka terdiri dari tiga kabilah:

1. Bani Qainuqa', yang merupakan sekutu kabilah Khazraj.
2. Bani Nadhir.
3. Bani Quraizhah, sekutu kabilah Aus.

Tatkala Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tiba di Madinah, beberapa orang dari kalangan Anshar masuk Islam. Mereka berasal dari kabilah Aus dan kabilah Khazraj. Hanya sedikit orang-orang yahudi masuk Islam, seperti 'Abdullah bin Salam ra-dhiyallaahu 'anhu. Saat itu belum ada kemunafikan, sebab kaum mukminin belum memiliki kekuatan yang diperhitungkan oleh pihak luar. Bahkan, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berdamai dengan golongan yahudi dan beberapa kabilah di sekitar Madinah.

Pasca perang Badar, di mana Allah telah menampakkan kalimat-kalimat-Nya serta memuliakan Islam dan para pemeluknya, maka muncullah orang-orang yang mengaku Islam, namun hati mereka kafir, seperti 'Abdullah bin Ubay bin Salul, seorang tokoh di Madinah yang berasal dari kabilah Khazraj. Dia termasuk salah satu pemimpin kabilah Aus dan Khazraj pada masa jahiliyah. Sebelum kemunculan Islam, dua kabilah itu bertekad hendak menjadikannya pemimpin.

Begitu datang kebaikan (Islam) kepada mereka dan mereka pun masuk Islam, tekad mereka itu terlupakan, sehingga tokoh yang satu ini menyimpan dendam kesumat terhadap Islam dan kaum muslimin. Usai perang Badar, 'Abdullah bin Ubay berkata: "Ketetapan Islam benar-benar telah tiba." Dia pun memperlihatkan diri masuk Islam bersama orang-orang yang mengikuti jejaknya dan beberapa dari kalangan Ahli Kitab. Sejak itulah muncul kemunafikan di tengah-tengah penduduk Madinah dan orang-orang Arab di sekitarnya.

Adapun dari kalangan Muhajirin tidak ada seorangpun dari mereka yang munafik, karena tidak seorang pun dari mereka yang hijrah dengan terpaksa. Bahkan mereka melakukannya sehingga rela meninggalkan harta, anak-anak dan negerinya, dengan mengharapkan pahala di sisi Allah di negeri akhirat.

Bersambung...

===

(55) Tafsiir ath-Thabari 1/270.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog