Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Betulkah Khidir Telah Wafat? Lalu Bagaimanakah dengan Layatannya Ketika Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Wafat?

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 5

Betulkah Khidir 'alaihis salaam Telah Wafat? Lalu Bagaimanakah dengan Layatannya Ketika Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Wafat?

Dalam kitabnya at-Ta'rif wa al-A'lam, as-Suhaili mengatakan bahwa nama Khidir ('alaihis salaam) itu sendiri sebenarnya masih terdapat banyak perbedaan, seperti yang telah disampaikan pada awal buku ini. Telah disebutkan, ada yang mengatakan bahwa dia adalah Ibnu Ameil bin Samathin bin Arma bin Khalfa bin Aishu bin Ishaq, dan dahulu ayahnya adalah seorang raja, ibunya berasal dari Persia dengan nama Alha, dan melahirkan Khidir di sebuah gua. Dalam gua tersebut terdapat seekor domba betina yang menyusuinya setiap hari. Domba tersebut adalah milik seseorang yang tinggal di desa. Kemudian orang itu menemukan Khidir dan merawatnya.

Ketika beranjak dewasa, sang raja sedang mencari seseorang yang dapat menulis dengan baik, untuk menulis beberapa lembar kata yang pernah diturunkan kepada Ibrahim 'alaihis salaam. Kemudian raja mengumpulkan para ahli makrifat dan orang-orang cerdik. Di antara mereka ada orang yang mengajukan Khidir sebagai calon juru tulis, yang sebetulnya adalah anak raja yang tak diketahuinya. Ketika mengetahui tulisan dan pengetahuannya baik, sang raja mulai tertarik untuk mencari tahu tentang siapa sebenarnya pemuda Khidir ini, hingga akhirnya sang raja mengetahui bahwa Khidir adalah anaknya sendiri.

Kemudian sang raja mengajak Khidir bergabung dengannya untuk memerintah dan mengelola urusan negara yang dipimpinnya. Namun kemudian, Khidir lari dari kerajaan, karena sebab-sebab yang sangat panjang untuk diceritakan, hingga akhirnya dia menemukan 'mata air kehidupan'. Lalu, Khidir minum air yang memancar dari sumber air tersebut, dan dia mendapatkan kehidupan yang kekal hingga kemunculan dajjal. Dia adalah orang yang akan dibunuh oleh dajjal, dan dia pula yang akan dihidupkan.

Ada orang berkata, Khidir tidak sampai hidup pada zaman Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Bagi orang yang menganggap Khidir masih hidup, tentu saja pendapat demikian tidak benar. Tapi, coba perhatikan apa yang dikatakan oleh al-Bukhari dan beberapa ahli hadits: "Khidir telah tiada sebelum habis masa seratus tahun Hijriyah." Pernyataan ini didukung oleh Syaikh Abu Bakar bin al-Arabi dengan sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Setiap bilangan di atas seratus tahun, tidak ada seorang pun yang kekal di muka bumi, siapa pun dia." (1)

Ketika beberapa alasan ini diajukan, orang yang beranggapan Khidir masih hidup ingin menunjukkan riwayat yang menerangkan disa pernah bersama Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, dan datang melayat kepada keluarga Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, saat mereka sedang berkumpul dalam proses pemandian jenazah Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Menurut mereka, riwayat ini berasal dari urutan periwayatan yang shahih. Di antaranya seperti yang disebutkan Ibnu 'Abdil Bar dalam at-Tamhid, dan dia adalah seorang ahli hadits pada masanya.

Bersambung...

===

(1) Diriwayatkan al-Bukhari 1/148 dalam Mawaqit ash-Shalat, bab Dzikr al-'Isya wa al-Atmah, 1/156 dalam Mawaqit, bab as-Samar fil Fiqh wa al-Khair ba'da al-'Isya, diriwayatkan oleh Muslim 16/89 dengan syarah an-Nawawi dalam Fadhail Shahabah, dan Abu Dawud 4348 dalam al-Malahim, bab Qiyamu Sa'ah, at-Tirmidzi 2352 dalam bab al-Qadru, dan al-Hakim dalam al-Mustadrak 2/37, al-Baihaqi dalam as-Sunanu al-Kubra 1/453, 9/7, dan al-Baghawi dalam Syarhu as-Sunnah 2/193.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog