Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (4)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (4)

Istilah-istilah bahasa Arab telah menduduki bagian penting dalam ilmu kedokteran. Sebagian dokter yang tinggal di Italia bagian utara, telah menulis buku-buku mereka dengan tetap menuliskan istilah-istilah Arabnya. Hal itu disebabkan mereka tertinggal dalam pengembangan ilmu kedokteran. Beberapa istilah seperti: sirup dari syarab, tarter dari tharthir, tared dari tharahahu, alembic dari anbiq, alkohol dari alkuhul, alkali dari al-qali, borax dari buraq, elixir dari al-iksiir, dan lain sebagainya (adalah nama-nama zat kimia yang sering dipakai dalam kedokteran).

Hingga tahun 1139 M, di eropa masih banyak bentuk pengobatan yang dilakukan secara tahayul dan mengada-ada. Orang-orang bodoh mengaku sebagai dokter, mengobati orang hanya untuk memungut biaya, atau sengaja sebagai alat pesanan untuk melakukan pembunuhan. Sedangkan para dukun melakukan praktik bersalin yang sangat terbelakang. Saat itu, masih banyak bermunculan obat-obatan yang aneh. Sebagian orang mengatakan bahwa sebuah batu apabila dipegang oleh seseorang, maka dapat mencegah kehamilan. Ada pula yang berpendapat bahwa laki-laki yang makan kotoran jerapah akan kuat daya seksnya. Hal ini, karena di eropa saat itu belum tersentuh kedokteran yang didasarkan pada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

Seiring berjalannya waktu, para dokter muslim saat itu mengembangkan ilmu kedokteran Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam secara menyeluruh, tidak hanya yang tradisional, namun juga kedokteran modern, serta tidak memisahkan antara keduanya. Kaum muslimin juga meletakkan ilmu kedokteran dengan nilai-nilai ilahiyah, dalam bingkai al-Qur-an dan as-Sunnah, sehingga berkembanglah ilmu kedokteran dengan pesat sampai menembus belahan eropa yang saat itu masih gelap gulita jauh dari cahaya ilmu pengetahuan.

Penulis ilmu kedokteran Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam yang pertama adalah 'Ali bin Sahl bin Rabban ath-Thabari (sekitar tahun 785-861 M). Ia adalah seorang ahli kedokteran yang mampu menyatukan dan memadukan ilmu kedokteran yunani, mesir, persia dan india. Salah satu bukunya berjudul Manaafi'ul Ath'immah (Manfaat Makanan). Ia menulis lebih dari 360 judul buku kedokteran.

Muridnya adalah Abu Bakar ar-Razi (854-932 M) yang terkenal di eropa sebagai dokter yang paling besar di abad pertengahan. Bukunya yang terkenal berjudul al-Hawi, dan oleh raja Charles I tahun 1279 diterjemahkan dalam bahasa latin dengan judul Liber Continens, lalu dialihkan dalam bahasa inggris dengan judul The Book of Continent yang dijadikan buku pegangan dokter di seluruh eropa pada saat itu. Bukunya yang lain berjudul Thibbul Athfaal (Ilmu Kedokteran Anak), Mukhtashar fil Laban (Ringkasan Tentang Air Susu), dan al-Judar wal Hisbah (Small pox and Measles/ Cacar dan Campak).

Sedangkan al-Biruni (961-1048 M) menulis buku besar berjudul Kitab ash-Shaidanah fith Thibb (Buku Tentang Batu-batuan Perak yang Berkhasiat dalam Pengobatan).

Ibnu Sina (980-1037 M) yang oleh orang barat kepandaiannya dianggap sejajar dengan Aristoteles, telah menulis buku yang terbaik, yakni al-Qanun fith Thibb (Canon of Medicine). Buku ini dianggap sejajar dengan Injil di eropa.

Sedangkan Zahrawi (936-1013 M) dianggap sebagai bapak ilmu bedah karena bukunya at-Tashriif. Zahrawi ini menjadi guru panutan para dokter bedah di eropa selama lima abad.

Ilmu kedokteran jiwa dikembangkan oleh Ibnu Maimun (1134-1204 M).

Pengobatan dengan herba dikembangkan oleh Ibnul Bithar (1197-1240 M) dengan bukunya al-Jaami' li Mufradaatil Adwiyah wal Aghdiyah, yang berisikan daftar tanaman obat yang berkhasiat untuk penyembuhan.

Kahin al-Aththar (1360 M) dikenal sebagai ahli farmasi dengan bukunya Management of The Drug Store, Minhajud Dukkan wa Dustuur al-A'yaan fi A'maal wa Taraakiibil Adwiyah an-Naafi'ah lil Abdaan.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog