Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Umur Khidir

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 3

Umur Khidir

Melalui sanad sebelumnya (1) dari Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma, bahwasanya Ibnu 'Abbas mengatakan melalui riwayat ad-Daruquthni -Khidir akan dipanjangkan umurnya hingga pada masa kebohongan dajjal. Ibnu Ishaq menyebutkan dalam kitan al-Mubtada', Adam 'alaihis salaam menjelang kematiannya mengumpulkan anak-anaknya dan berkata, "Sesungguhnya Allah menurunkan adzab bagi penduduk bumi, maka jasadku nanti akan bersama kalian dalam sebuah gua hingga kalian mengubur jasadku di tanah Syam."

Ketika badai datang, Nuh 'alaihis salaam berkata kepada anaknya, "Sesungguhnya Adam telah berdo'a kepada Allah agar memanjangkan umur orang yang menguburkannya hingga pada hari Kiamat nanti. Sehingga nantinya Khidir melakukan prosesi pemakaman tubuh Adam kemudian Allah memberikan umur yang panjang padanya, dan dia akan hidup selama Allah memberinya kehidupan."

Bersambung...

===

(1) Telah disebutkan sebelumnya, hadits ini maudhu' (palsu). Hal itu karena Ruwwad termasuk orang-orang yang meriwayatkan hadits dha'if, Muqatil termasuk orang yang bohong dan meriwayatkan hadits matruk dan adh-Dhahak tidak pernah didengar dari Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma, dan itu berarti urutannya terputus.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog