Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (10/2)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (10/2)

Catatan:

Orang yang mengatakan bahwa Rasulullah 'alaihish Shalaatu was salaam mengetahui identitas sebagian kaum munafik, mereka berdasar kepada hadits Hudzaifah bin al-Yaman ra-dhiyallaahu 'anhu tentang penyebutan nama empat belas orang munafik dalam peperangan Tabuk yang berencana membunuh Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam di kegelapan malam di sebuah bukit di sana. Mereka berencana mengejutkan unta Nabi agar beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam jatuh. Lalu Allah mewahyukan kepada beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tentang rencana tersebut, dan Hudzaifah mengetahui peristiwa itu.

Adapun selain keempat belas orang itu, Allah Sub-haanahu wa Ta'aala telah berfirman:

"Di antara orang-orang Arab badui di sekelilingmu itu, ada orang-orang munafik, dan (juga) di antara penduduk Madinah. Mereka melampaui batas dalam kemunafikannya. Kamu (Muhammad) tidak mengetahui mereka, (tetapi) Kamilah yang mengetahui mereka." (QS. At-Taubah: 101)

Dan Allah Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman:

"Sesungguhnya jika orang-orang munafik, orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di Madinah tidak berhenti (dari menyakitimu), niscaya Kami perintahkan kamu (untuk memerangi) mereka, kemudian mereka tidak menjadi tetanggamu (di Madinah) melainkan dalam waktu yang sebentar dalam keadaan terlaknat. Di mana saja mereka dijumpai, mereka ditangkap dan dibunuh dengan sehebat-hebatnya." (QS. Al-Ahzaab: 60-61)

Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tidak mengetahui mereka dan tidak mengetahui identitas mereka. Namun yang disebutkan kepada beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam hanyalah tentang sifat-sifat mereka yang mana tanda-tanda tersebut bisa terlihat pada sebagian dari mereka. Sebagaimana yang Allah sebutkan dalam firman-Nya:

"Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan tanda-tandanya. Dan kamu benar-benar akan mengenal mereka dari kiasan-kiasan perkataan mereka." (QS. Muhammad: 30)

Orang yang kemunafikannya paling terkenal di antara mereka adalah 'Abdullah bin Ubay bin Salul. Zaid bin Arqan telah bersaksi atas kemunafikannya. Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah menegur 'Umar bin al-Khaththab ra-dhiyallaahu 'anhu atas keinginannya menghabisi 'Abdullah bin Ubay bin Salul:

"Aku tidak suka jika orang-orang Arab berkomentar bahwa Muhammad telah membunuh temannya sendiri." (62)

Walau demikian, ketika 'Abdullah wafat, Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menshalatkannya dan menghadiri pemakamannya sebagaimana yang dilakukan oleh kaum muslimin lainnya. Dalam riwayat yang shahih disebutkan:

"Aku telah diberi pilihan dan aku mengambil pilihan tersebut."

Dalam riwayat lain:

"Andaikata aku tahu jika sekiranya aku menambah permohonan ampunan lebih dari tujuh puluh kali ia akan diampuni, niscaya aku akan menambahnya." (63)

Bersambung...

===

(62) Tafsiir ath-Thabari 23/406. Al-Bukhari no. 3519, Muslim no. 2584(63).

(63) Fat-hul Baari 8/184 dan Muslim 4/2141.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog