Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Khidir, Antara Nabi, Wali dan Rasul? (2)

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 2

Khidir, Antara Nabi, Wali dan Rasul? (2)

Dalam kitab sejarahnya, Abu Ja'far bin Jarir mengatakan bahwa Khidir termasuk salah seorang yang hidup di zaman raja Aphredon. Hal ini menurut cerita umum yang disampaikan ahli kitab (yahudi dan nashrani) zaman dulu. Dikatakan pula ia hidup di zaman Dzulqarnain, sang raja yang hidup pada masa Nabi Ibrahim 'alaihis salaam. Juga disebutkan bahwa Khidir bersama Dzulqarnain suatu kali sampai di "sungai kehidupan", kemudian dia meminum air sungai itu tanpa mengetahui efek yang diakibatkannya. Oleh karena minum air sungai itulah dia, menurut mereka (ahli kitab), menjadi kekal dan hidup hingga sekarang.

Ibnu Ishaq juga menuturkan suatu cerita bahwa Allah Sub-haanahu wa Ta'aala pernah mengangkat seorang laki-laki sebagai pemimpin bani Israil, dan mengutus Khidir sebagai Nabi untuk menemaninya. Menurut Ibnu Jarir, antara masa diutusnya Khidir dan masa raja Aphredon terdapat rentang sekitar seribu tahun lebih. Karena itu, pendapat Ibnu Ishaq yang mengatakan bahwa Khidir hidup semasa dengan Aphredon tak memiliki kejelasan, hanya saja ada kemungkinan bahwa Khidir baru diutus menjadi Nabi pada masa raja itu. Jadi, jauh sebelum masa Aphredon sebenarnya Khidir telah lahir, hanya saja ia belum menjadi Nabi.

Hematku, bahkan pendapat Ibnu Ishaq itu masih mengandung banyak kemungkinan. Boleh jadi, yang diutus bersama raja Aphredon itu bukan Khidir, melainkan seorang Nabi lain yang kemudian diangkat menjadi Rasul untuk menemani raja itu. Sementara Khidir pada waktu itu masih belum menjadi Nabi. Tetapi, aku katakan demikian bukan karena adanya kemungkinan ini pun masih banyak kemungkinan lain dan yang sama-sama mungkin tak bisa saling mengalahkan. Aku katakan demikian karena kebanyakan sumber tentang Khidir dan Musa 'alaihimas salaam -seperti telah ditunjukkan di atas- membuktikan bahwa Khidir adalah seorang Nabi, dan bukannya seorang Rasul yang diutus untuk menemani raja tertentu. Hanya saka memang masih ada perbedaan pendapat tentang apakah Khidir kemudian diangkat menjadi Rasul untuk kaum tertentu. Ibnu 'Abbas ra-dhiyallaahu 'anhuma dan Wahab bin Manbah mengatakan bahwa dia adalah seorang Nabi dan bukan Rasul. Namun, Isma'il bin Abi Ziyad (3), Muhammad bin Ishaq (4), dan sebagian ahli kitab mengatakan bahwa Khidir juga Rasul untuk kaumnya. Pendapat ini didukung antara lain oleh Abu Hasan ar-Rumani dan Ibnul Jauzi.

Ats-Tsa'labi berkata, semua pendapat sepakat bahwa dia (Khidir) adalah seorang Nabi yang diberi umur panjang tanpa diketahui umum. Sementara itu, Abu Hayyan dalam tafsirnya mengatakan bahwa menurut kebanyakan 'ulama, dia (Khidir) adalah seorang Nabi. Ilmunya merupakan ma'rifah bathiniyah (pengetahuan batin) yang diwahyukan oleh Allah kepadanya untuk mengajarkan Nabi Musa 'alaihis salaam tentang hikmah fenomena kehidupan.

Bersambung...

===

(3) Dia Isma'il bin Abi Ziyad al-Kufi, Qadhi al-Muwashal, diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam kitab kumpulan as-Sunnah. Dia termasuk orang yang meriwayatkan hadits matruk, dan berbohong. Ad-Daruquthni bercerita tentangnya, dia meletakkan hadits bohong dan matruk. Lihat: al-Mizan 1/231, at-Tahdzib 1/301, at-Taqrib 1/69, al-Majruhin karya Ibnu Habban 1/129.

(4) Dia adalah Muhammad bin Ishaq bin Yasar, al-Madani, Imam al-Maghazi, dapat dipercaya namun juga memalsukan hadits, termasuk dalam thabaqat shighar kelima. Haditsnya terdapat dalam kitab kumpulan hadits Muslim dan empat imam hadits lainnya, meninggal tahun 150 H. Lihat: at-Taqrib 1/144, Tarikh Baghdad 1/214, Tadzkirah 1/172, at-Tahdzib 9/38, Syadzrat 1/230, al-'Ibru 1/216.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog