Skip to main content

Misteri Kematian: Tanda-tanda Su'ul Khatimah, Kisah-kisah Su'ul Khatimah dan Mereka yang Terhalang untuk Meraih Angan

Misteri Kematian

Kematian dan Sakaratul Maut

Tanda-tanda Su'ul Khatimah

Syaikh 'Abdu bin Humaid as-Suhaibati rahimahullaah menyampaikan banyak sekali tanda-tanda yang menunjukkan su'ul khatimah, tanda-tanda ini kadang terlihat pada sebagian orang ketika sakit keras, terlihat marah dan berpaling dari putusan Allah. Semoga Allah melindungi kita dari hal itu. Ada juga yang ketika sekarat mengucapkan kata-kata mengundang murka Allah, atau terhalang untuk mengucapkan kalimat tauhid. Tanda-tanda su'ul khatimah kadang terlihat saat mayit dimandikan, seperti perubahan warna kulit dan lainnya. Ada juga yang terlihat saat mayit diturunkan ke liang kubur, ada juga yang terlihat setelah mayit dimakamkan. (66)

Kisah-kisah Su'ul Khatimah dan Mereka yang Terhalang untuk Meraih Angan

Penulis mendengar kisah seseorang yang sering puasa dan ahli ibadah, suatu ketika ia sakit keras dan ia terkena fitnah, aku mendengar orang itu berkata: "Allah membolak-balikkanku di berbagai macam ujian, andai Allah memberiku Firdaus, Allah belum memenuhi balasan atas musibah-musibah yang menimpaku." Setelah itu ia berkata: "Apa arti ujian ini, bila artinya kematian tentu tidak masalah, tapi penyiksaan ini, apa maksudnya?! (67)

Diriwayatkan dari 'Abdurrahman al-Yami rahimahullaah: "Seseorang ditalqin kalimat syahadat Laa ilaaha illallaah saat sekarat, orang itu menggeleng-gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri, ia tidak berbicara sepatah katapun sepertinya orang itu berkata padaku: Aku tidak akan mengucapkannya." (68)

Imam Ibnu Qayyim rahimahullaah berkata: "Seseorang memberitahu tentang seorang kerabatnya kepadaku, ia seorang pedagang kain, saat sekarat ia berkata: Ini sepotong kain bagus, sesuai ukuranmu, ini murah seharga sekian dan sekian. Ia terus mengucapkan seperti itu hingga mati." (69)

Rabi' bin Murrah bin Ma'bad al-Juhani rahimahullaah berkata, ia adalah sosok ahli ibadah di Bashrah: "Aku menemui beberapa orang di Syam, suatu ketika dikatakan kepada seseorang yang tengah sekarat: Hai fulan, ucapkan: Laa ilaaha illallaah. Ia malah berkata: Minumlah dan beri aku minum." (70)

Dikisahkan kepada kami, suatu ketika ada seorang calo perdagangan sekarat, ada yang berkata padanya: Ucapkan: Laa ilaaha illallaah. Ia malah berkata: Tiga setengah, empat setengah. Percaloan telah menguasai pikirannya." (71)

Penulis pernah melihat seorang akuntan sekarat, ia menghitung dengan jari-jarinya. Dikatakan kepadanya: Ucapkan: Laa ilaaha illallaah. Ia malah mengucapkan: Rumah si A, perbaiki bagian ini dan itunya. Taman si B, kerjakan ini dan itu." (72)

Dikatakan kepada yang lain: Ucapkan: Laa ilaaha illallaah. Ia justru mencemooh: Kau bodoh. (73)

Dikatakan kepada yang lain: Ucapkan: Laa ilaaha illallaah. Ia justru mengucapkan: Lembu kuning. Rasa cinta dan kesibukan mengurus lembu kuning telah menguasainya.

Semoga Allah dengan karunia dan kemuliaan-Nya berkenan menyelamatkan kita dan mematikan kita di atas kalimat syahadat. (74)

Syaikh 'Abdu bin Humaid as-Suhaibati rahimahullaah menuturkan, sebuah peristiwa terjadi di Qasim beberapa tahun lalu. Beritanya tersebar luas kemanapun. Kisah singkatnya, saat seseorang sekarat, ia menentang Rabb dengan jelas. Sebagian teman yang biasa shalat bersamanya di masjid datang menghampiri, Allah Maha Mengetahui isi hati orang itu. Temannya berkata: "Wahai hamba Allah, mushaf yang kau baca ini, bertakwalah kepada Allah dalam dirimu (jangan mencela mushaf). Ia menalqinkan kalimat tauhid. Di akhir kisah temannya bilang: Ia mengingkari mushaf dan kalimat Laa ilaaha illallaah. Usianya ditutup dengan kondisi seperti itu." (75)

Bersambung...

===

(66) At-Tahdzir min Su'il Khatimah, as-Suhaibati, hal. 31.

(67) Tadzkiratul Ikhwan bikhatimatil Insan hal. 45.

(68) Tadzkiratul Ikhwan bikhatimatil Insan hal. 45.

(69) Thariqul Hijratain hala. 308.

(70) At-Tadzkirah, Qurthubi, hal. 36-37.

(71) At-Tadzkirah, Qurthubi, hal. 36-37.

(72) At-Tadzkirah, Qurthubi, hal. 37.

(73) At-Tadzkirah, Qurthubi, hal. 37.

(74) At-Tadzkirah, Qurthubi, hal. 37.

(75) At-Tahdzir min Su'il Khatimah hal. 32.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah, Penulis: Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli, judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhirah) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing, CV Darul Ilmi, Bogor - Indonesia, Cetakan II, Rabiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog