Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Bagaimanakah Kehidupan Khidir Sebelum Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 6

Bagaimanakah Kehidupan Khidir 'alaihis salaam Sebelum Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?

Allah Sub-haanahu wa Ta'aala telah menceritakan dalam al-Qur-an tentang apa yang terjadi antara Nabi Musa 'alaihis salaam ketika bersama dengan Khidir 'alaihis salaam. Al-Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan hadits melalui riwayat Abi bin Ka'ab (1), dan dalam susunan cerita tersebut ada tambahan yang tidak shahih, yang telah aku perhatikan dengan cermat dan telah aku jelaskan dalam kitab Fat-hul Baari, syarah yang aku buat atas karya al-Bukhari. Telah ditetapkan pula dalam hadits shahih bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Aku gembira Musa dapat bersabar hingga Allah menceritakan kisah keduanya kepada kita semua." (2)

Cerita tentang pertemuan Khidir dan Nabi Musa, sebagaimana direkam al-Qur-an dan disebutkan hadits di atas, jelas membuktikan bahwa takziah Khidir sewaktu pemandian jenazah Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sebenarnya tidak pernah terjadi. Sebab kalau kejadian itu benar-benar terjadi, maka kemungkinan para Shahabat ra-dhiyallaahu 'anhum senior dapat menyambut dan menemaninya, dan melihatnya dengan jelas, sebagaimana Nabi Musa 'alaihis salaam melihatnya.

Tetapi, pendapat ini disanggah oleh orang-orang yang mempercayai Khidir masih hidup. Mereka mengatakan bahwa kejadian antara Khidir dan Nabi Musa berbeda. Mereka beranggapan bahwa Nabi Musa berbeda dengan para Shahabat. Bila Nabi Musa dapat melihat Khidir, maka tidak demikian halnya dengan para Shahabat.

Bersambung...

===

(1) Riwayat al-Bukhari 4/187, dalam Bad'u Khalq, bab Hadits Khidr ma'a Musa 'alaihis salaam dan dalam tafsirnya 6/110, bab Surah al-Kahfi, dan diriwayatkan Muslim 15/135 dengan syarah an-Nawawi, dalam al-Fadhail al-Khidr.

(2) Al-Bukhari 4/190 dalam Bad'u Khalq, Muslim 15/141 dalam tema yang telah disebutkan sebelumnya.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog