Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (2)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Antara Bekam, Thibbun Nabawi, dan Kedokteran Modern (2)

Ibnu Khaldun dalam Muqaddimahnya mengatakan bahwa kedokteran Islam, yang juga disebut thibbun Nabawi, muncul sebagai hasil integrasi ilmu kedokteran yunani, persia, india, china, dan mesir, yang sudah ada sebelum diutusnya Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Yang kemudian dengan datangnya Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, kedokteran kuno tersebut dipandu dengan wahyu Allah yang diturunkan kepada beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, sehingga terjaga dari kesyirikan, tahayul, dan khurafat, serta dipenuhi keimanan dan ketakwaan kepada Allah Sub-haanahu wa Ta'aala.

Sebenarnya, pada waktu itu di yunani sudah banyak teori tentang pengobatan. Teori-teori tersebut sebagian di antaranya dikoreksi oleh al-Qur-an, seperti teori tentang reproduksi manusia yang saat itu masih di luar jangkauan akal mereka. Islam meluruskan teori yang salah tadi dengan firman Allah yang tercantum dalam surat al-Mukminuun (23): 12-14, al-Qiyamah (75): 37-39, dan al-Infithar (82): 7-8. Sedangkan sebagian ilmu pengobatan lainnya dibenarkan al-Qur-an.

Di china, arab dan india pada saat sebelum diutusnya Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, sudah berkembang ilmu pengobatan yang saat ini dikenal dengan ilmu kedokteran tradisional (traditional medicine). Namun, pengobatan tersebut sudah dipenuhi dengan unsur syirik, khurafat, dan membahayakan tubuh. Nah, sebagian pengobatan yang menyimpang tadi, diluruskan oleh Islam, seperti kay yang membahayakan tubuh, yang kemudian diluruskan Islam dengan metode kay al-wasimy yang lebih aman.

Dari persia, Islam mengambil ilmu tentang farmasi, apotek, dan penggunaan obat dari rumput-rumputan, benda-benda tambang, tumbuh-tumbuhan atau hewan, serta harum-haruman (aromaterapi) dan bebatuan berkhasiat. Sedangkan dari mesir, diambillah ilmu tentang bedah, operasi, lasoh, siyasur, dan syifa'. Pengobatan mata juga diambil dari mesir yang sudah maju. Ilmu-ilmu yang sesuai dengan ajaran Islam terus dikembangkan. Sedangkan yang bertentangan dilarang, yang salah dikoreksi, dan yang lain dibiarkan saja.

Thibbun Nabawi sebenarnya merupakan perpaduan berbagai disiplin ilmu kedokteran. Baik pengobatan modern, tradisional, maupun alternatif. Ilmu ini pula yang dikembangkan ummat Islam ke seluruh dunia, yakni dari Arab ke eropa, dan ke seluruh negara-negara barat hingga abad ke-17. Saat itu, tidak ada pemisahan antara ilmu kedokteran modern dan ilmu kedokteran tradisional. Mereka mengamalkan keduanya. Karena itulah, ummat Islam menguasai daratan eropa. Baru pada awal abad ke-19, orang-orang yahudi dan nashrani menghapuskan ilmu kedokteran yang berasal dari kaum muslimin dari kurikulum-kurikulum sekolah mereka di negara-negara eropa. Mereka kemudian mengembangkan ilmu kedokteran yang sudah terpisah tadi, sehingga maju seperti sekarang ini. Lalu mereka mengatakan bahwa ilmu kedokteran barat yang maju itu milik mereka, dan itulah yang mereka sebut ilmu kedokteran modern. Sedang yang lainnya, yang menurut mereka ketinggalan zaman, mereka sebut ilmu kedokteran tradisional, sebagai milik orang Islam. Padahal sekarang ini sudah dibuktikan bahwa ilmu kedokteran yang mereka anggap tradisional itu ternyata tidak ketinggalan zaman, bahkan mampu menyelesaikan problema kesehatan yang tidak dapat diatasi dengan kedokteran modern.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti?

Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog