Skip to main content

Manusia dan Harta (3) | Anda dan Harta

Anda dan Harta

Kisah Rezeki dan Harta

Manusia dan Harta (3)

Termasuk dari kebijaksanaan Allah adalah dijadikannya sebagian manusia dalam keadaan miskin, dan sebagian yang lain dalam keadaan kaya yang Allah berikan kemurahan rezeki dan Allah lebihkan dari yang lain. Allah berfirman,

"Lihatlah bagaimana Kami melebihkan sebagian di atas sebagian yang lain." (QS. Al-Isra': 21)

Allah berfirman,

"Allah melebihkan sebagian kalian di atas sebagian yang lain dalam rezeki." (QS. An-Nahl: 71)

Yang demikian itu adalah ujian dari Allah bagi orang-orang kaya agar mereka mendermakan hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan, yang disebutkan oleh Allah. Allah berfirman,

"Apakah mereka tidak melihat bahwa Allah melapangkan rezeki orang-orang yang Dia kehendaki dan menyempitkannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda bagi orang-orang yang beriman. Berilah sanak saudara, orang-orang miskin, orang-orang jalanan akan hak mereka. Yang demikian itu baik bagi orang-orang yang menginginkan ridha Allah. Merekalah orang-orang yang beruntung. Apa yang engkau keluarkan sebagai riba agar berkembang dalam harta manusia, maka tidak berkembang di hadapan Allah. Apa yang kalian berikan sebagai zakat dengan tujuan ridha Allah, maka mereka itulah yang akan mendapatkan pahala berlipat ganda." (QS. Ar-Rum: 37-39)

Dengan demikian, orang yang mendermakan hartanya pada mereka yang membutuhkan dengan tujuan ridha Allah, maka akan mendapatkan pahala dari Allah. Adapun orang yang memberi sesuatu pada orang lain dengan harapan mendapatkan yang lebih banyak, maka tidak mendapatkan pahala sedikitpun di hadapan Allah. Allah menjelaskan bahwa pahala dan balasan yang berlipat ganda ada pada zakat karena keridhaan Allah.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Juli 2004 M.

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog