Skip to main content

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah: Do'a Khidir

Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah

Bagian I

Sosok Khidir yang Sebenarnya

Bab 9

Do'a Khidir 'alaihis salaam

Ibnu Syahin berkata, Musa bin Anas bin Khalid bin 'Abdullah bin Thalhah bin Musa bin Anas bin Malik menuturkan kepada kami, kami mendapatkan cerita ini dari bapakku, dan bapakku memperolehnya dari Muhammad bin 'Abdullah al-Anshari, kami mendapatkannya dari Hatim bin Abi Ruwad, dari Mu'adz bin 'Abdullah bin Abu Bakar, dari bapaknya, dari Anas ra-dhiyallaahu 'anhu, dia berkata: Suatu malam Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam keluar untuk suatu keperluan, aku juga ikut keluar berjalan di belakangnya. Kemudian kami mendengar orang berdo'a, "Ya Allah, berikanlah aku rasa kerinduan yang dipunyai para orang shalih, hingga kerinduan yang mereka rasakan itu dapat tercapai." Kemudian Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bergumam, "Kalau saja dia juga melengkapi do'a tersebut dengan sandingannya," lalu kami mendengar dia berdo'a, "Ya Allah, aku mohon padamu agar Engkau sudi menolongku terhindar dari sesuatu yang membuatku takut." Kemudian Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda, "Do'anya terkabul. Wahai Anas, datangilah orang tersebut, lalu minta kepadanya untuk mendo'akan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, agar Allah membukakan hati ummatnya, agar selalu menerima risalah yang dibawanya, dan selalu memberikan pertolongan dengan apa yang dibawanya berupa kebenaran dan menerima kebenaran itu."

Anas ra-dhiyallaahu 'anhu berkata, lalu aku mendatangi orang tersebut, dan aku berkata, "Wahai hamba Allah, do'akanlah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam." Kemudian dia berkata kepadaku, "Siapakah dirimu?" Aku enggan memberi tahu dia, karena aku belum meminta izin pada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Tapi dia menolak untuk berdo'a hingga aku memberitahunya. Lalu, aku kembali kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dan aku ceritakan kejadiannya. Lalu Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berkata, "Beritahu dia yang sebenarnya." Lalu aku kembali lagi kepadanya dan berkata, "Aku adalah utusan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kepadamu." Dan dia menjawab, "Selamat datang, wahai utusan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam." Lalu dia berdo'a untuk Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam. Dan dia berkata, "Sampaikanlah salamku, dan katakan padanya bahwa aku adalah saudaramu Khidir, sebenarnya akulah yang mesti mendatangi beliau." Anas berkata, ketika aku menguasai apa yang telah aku dengar darinya, dia berkata lagi, "Ya Allah jadikanlah aku termasuk di antara ummat yang dikasihi, yang mendapatkan taubat terhadap kesalahan-kesalahannya."

Dalam kitabnya al-Afraad, ad-Daruquthni mengatakan bahwa Ahmad bin al-'Abbas al-Baghawi menuturkan kepada kami, Anas bin Khalid menuturkan kepada kami, aku mendapat cerita dari Muhammad bin 'Abdillah. Dia ini adalah Abu Salmah al-Anshari dan dia juga termasuk orang yang sangat lemah dalam periwayatan hadits. Dia bukan salah seorang guru al-Bukhari yang menjadi hakim di Bashrah, yang mempunyai derajat tsiqah (terpercaya) itu. Karena dia lebih dulu hidup sebelum Abu Salmah. Diriwayatkan pada kami dalam Fawaid Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad al-Mazni, melalui periwayatan yang disebutkan ad-Daruquthni.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Menguak Misteri Khidir Dalam Pandangan Sunnah, Penulis: Ibnu Hajar al-Asqalani, Penerjemah: H.M. Nasri, Lc, Penerbit: IIMaN dan Hikmah, Jakarta - Indonesia, Cetakan I, Januari 2003 M/ Dzulqa'adah 1423 H.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya, dan Survei Lokasi: Rangka Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
Telp/ SMS/ WA: 085778018878, BB: 269C8299
http://www.bajaringantangerang.com

===

Bisakah anda menjadi agen properti? Bisakah anda meraih keuntungan dengan memposisikan diri di antara pemilik dan pembeli? Jawab: BISA
1) tanpa punya pengalaman apapun di bidang properti
2) tanpa modal
3) tetap di pekerjaan atau bisnis anda sekarang
4) tetap tinggal di kota anda

Untuk info dan daftar GRATIS, klik: http://tinyurl.com/ppamr9b

===

Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog