Skip to main content

Hadits Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah (3)

Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

Ustadz Yazid bin 'Abdul Qadir Jawas hafizhahullaah.

Muqaddimah.

Dari Shahabat 'Auf bin Malik radhiyallaahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: 'Ummat yahudi berpecah belah menjadi 71 (tujuh puluh satu) golongan, maka hanya satu golongan yang masuk Surga dan 70 (tujuh puluh) golongan masuk Neraka, ummat nashrani berpecah belah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan dan 71 (tujuh puluh satu) golongan masuk Neraka dan hanya satu golongan yang masuk Surga. Dan demi jiwa Nabi Muhammad yang berada di tangan-Nya sungguh akan berpecah belah umatku menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan, hanya satu (golongan) masuk Surga, dan 72 (tujuh puluh dua golongan) masuk Neraka. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam ditanya: 'Wahai Rasulullah, siapakah mereka (satu golongan yang selamat)?' Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam menjawab: 'Al-Jama'ah.'" (5)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

5. HR. Ibnu Majah dengan lafazh miliknya, dalam Kitabul Fitan, bab Iftiraqul Umam (no. 3992), Abu Dawud dalam Kitabus Sunnah, bab: Syarhus Sunnah (no. 4596), Ibnu Abi 'Ashim dalam Kitabus Sunnah (no. 63). Lihat Silsilah Ahaadits ash-Shahiihah (no. 203-204).

Satu golongan dari ummat yahudi yang masuk Surga adalah mereka yang beriman kepada Allah dan kepada Nabi Musa 'alaihis salaam serta mati dalam keadaan beriman. Dan begitu juga satu golongan dari ummat nashrani yang masuk Surga adalah mereka yang beriman kepada Allah dan kepada Nabi 'Isa ('alaihis salaam) sebagai Nabi dan utusan dan hamba Allah serta mati dalam keadaan beriman. Adapun setelah diutusnya Nabi Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam, maka semua ummat yahudi dan nashrani wajib masuk Islam yang dibawa oleh Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam sebagai penutup para Nabi.

===

Maraji'/ Sumber:

Buku: Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah, Penulis: Ustadz Yazid bin 'Abdul Qadir Jawas hafizhahullaah, Penerbit: Pustaka At-Taqwa, Bogor - Indonesia, Cetakan Pertama, Jumadil Akhir 1425 H/ Agustus 2004 M.

===

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog