Skip to main content

Hadits Adab Az Zifaf (63)

أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ

Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati.

Adab Az Zifaf.
Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam.

Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah.

Adab Menikah.

31. Memutus Puasa Bila Menghadiri Jamuan Makan.

Dari 'Aisyah radhiyallaahu 'anhuma, ia berkata, "Pernah suatu ketika Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam datang kepada saya dan berkata, 'Adakah kamu mempunyai makanan?' Saya menjawab, 'Tidak.' Lalu beliau berkata, 'Kalau begitu, saya akan puasa.' Di saat lain beliau juga pernah datang kepada saya. Pada waktu itu saya baru saja mendapat hadiah sepotong hais (128). Saya simpan hais tersebut karena saya tahu beliau menyukainya. Saya pun memanggil beliau, 'Wahai Rasulullah, saya mendapat hadiah sepotong hais. Saya sengaja menyimpan hais ini untukmu.' Beliau menjawab, 'Bawa ke sini! Sebenarnya tadi pagi saya puasa.' Beliau makan sebagian hais tadi, kemudian bersabda, 'Sesungguhnya orang yang puasa sunnah itu seperti orang yang hendak mengeluarkan sedekah; bila mau maka dia boleh melaksanakannya, dan bila tidak mau maka dia boleh mengurungkannya.'" (129)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

128. Hais adalah jenis makanan yang terbuat dari bahan kurma, tepung, dan minyak samin. Pent.

129. Hadits ini diriwayatkan oleh An Nasai dengan sanad shahih sebagaimana telah saya sebutkan dalam kitab Al Irwa' (IV/ 135/ 636).

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: (أَدَابُ الزِّفَافِ فِى السُّنَّةِ الْمُطَهَّرَةِ) Adaabuz Zifaafi fis Sunnatil Muthahharati, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullaah, Penerbit: Dar As Salam, Tanpa Keterangan Cetakan, Tahun: 1423 H/ 2002 M, Judul Terjemahan: Adab Az Zifaf, Panduan Pernikahan Cara Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, Penerjemah: Abu Shafiya, Editor: Abu Hanief, Penerbit: Media Hidayah, Jogjakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Muharram 1425 H/ Maret 2004 M, Cetakan Ketiga.

===

Ary Ambary bin Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Popular posts from this blog